Penguatan Peran dan Posisi UMKM dengan Kepemilikan PIRT

Authors

  • Metasari Kartika Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Hendarmin Hendarmin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Erni Panca Kurniasih Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v4i1.907

Keywords:

Kegiatan Pengabdian, UMKM, transfer pengetahuan

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh Tim Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura ini bertujuan untuk memperkuat peran dan posisi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan kepemilikan izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT)  dan memberikan transfer ilmu pengetahuan kepada pengusaha mikro kecil dan menengah untuk mengembangkan usahanya. Mitra kegiatan PKM adalah 45 pengusaha mikro, kecil dan menengah binaan PD Salimah Kubu Raya. Masalah yang dihadapi mitra masih belum memiliki izin PIRT dan ketidaktahuan secara keseluruhan tentang peran UMKM dalam perekonomian dan bagaimana ide-ide kreatif berpotensi menjadi sumber pendapatan. Metode PKM yakni pendampingan dan lokakarya. Kegiatan PKM bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kubu Raya, LPPOM MUI Kalbar, dan Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan Mikro (DKUMPP) Kubu Raya. Hasil pendampingan yang diperoleh mitra yaitu (1) memiliki sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kubu Raya, dimana sertifikat ini digunakan sebagai syarat untuk mendapatkan izin PIRT, (2) meningkatnya pengetahuan mitra mengenai potensi yang dimiliki dalam mengembangkan usaha

References

Darwanto, Santosa, P. B., Woyanti, N., & Bambang. (2018). Designing Model and Strategy for Strengthening The Competitiveness of Small Medium Enterprises. Etikonomi, 17(1), 69–92.

Djumadi, & Barkatullah, A. H. (2019). State Responsibility for Regulation to Enhance Small Business Development. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 8(4), 213–230.

Eravia, D., Handayani, T., & Julina. (2015). The Opportunities and Threats of Small and Medium Enterprises in Pekanbaru: Comparison Between SMEs in Food and Restaurant Industries. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 169, 88–97.

Gunartin. (2017). Penguatan UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. EDUKA Jurnal Pendidikan, Hukum Dan Bisnis, 1(V), 59–74.

Hafiluddin, M. R., Suryadi, & Saleh, C. (2014). Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis “Community Based Economic Development†(Studi pada pelaku UMKM di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo). Wacana, 17(2), 68–77.

Koutroulou, A., & Tsourgiannis, L. (2011). Factors Affecting Consumers’ Purchasing Behaviour Towards Local Foods in Greece: The Case of the Prefecture of Xanthi. Scientific Bulletin - Economic Sciences, 10(2), 34–47.

Lantu, D. C., Triady, M. S., Utami, A. F., & Ghazali, A. (2016). Pengembangan Model Peningkatan Daya Saing UMKM di Indonesia: Validasi Kuantitatif Model. Jurnal Manajemen Teknologi, 15(1), 77–93.

Sasongko, W. (2016). Strategi Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jombang Dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM Untuk Menghadapi ASEAN ECONOMIC COMMUNITY 2016. Kebijakan Dan Manajemen Publik, 4(3).

Setioningtyas, W. P., & Wisnu, S. (2017). Analisis Faktor-Faktor Pada Perilaku Pembelian Konsumen Terhadap Produk Makanan dan Minuman Lokal di Kota Surabaya. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 181–195.

Suci, Y. . (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), 51–58.

Tri U, D. D., & Darwanto. (2013). Pengambangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif di Kota Semarang. Diponegoro Journal of Economics, 2(4), 1–13.

Downloads

Published

2021-02-24

Issue

Section

Articles

Citation Check