Pengembangan Pembelajaran Abad 21 Bagi Guru SMK
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v4i1.919Keywords:
21st century learning, scientific approach, cognitive, affective and psychomotor domainsAbstract
References
Haryati, Mimin. (2009). Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada
Hasan, Rachmat (2015). Pengaruh masa kerja dan Pendidikan Guru terhadap Kinerja guru SDN Sukabumi 10 kota Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI) volume 9 no 2 (2015) 1219 -1230 ISSN (print) 1858-4985
Iriani, Tuti & Santoso Sri Handoyo (2019) Vocational School Teacher Competence Need Analysis Based on 21st Century Learning For Millennial Generation. In International Conference on Humanities, Education and Social Science, IC-HEDS 2019. KnE Social Sciences pages 877 -885. DOI 1018502/kss.v4/14.7943
Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Magdalena, Ina, Dewi Rachma Lestari, Aniq Insyirah, & Siti Khoiriah . (2020). Islamika: Penerapan Model Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Keislaman dan Ilmu Pendidikan Volume 2, Nomor 1, Januari 2020; 140-147 https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika
Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pusat Belajar
Rasyid,N. S. (2010). Pengaruh Faktor-Faktor Kompotensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK di Makassar. Tesis tidak diterbitkan. Makassar: Unversitas Muslim Indonesia
Refugio, Ana, Marie, Durango, Craig N. (2018) An Empirical Study on Wilcoxon Signed Rank Test .https://www.researchgate.net/publication/329698415_An_Empirical_Study_on_Wilcoxon_Signed_Rank_Test di akses 17 November 2020
Schuller, Randall & Jackson, Susan E. (2011) Pengelolaan Sumber Daya Manusia Buku 2 – Managing Human Resources Edisi 10. Penerbit: Erlangga
Siregar, Eko Febri Syahputra & Suci Perwita Sari (2020) Optimalisasi Pendekatan MIKiR Sebagai Solusi Pembelajaran Abad 21 Bagi Guru SD Muhammadiyah Kota Medan. Dinamisia: jurnal Pengabdian masyarakat: Vol 4 no 3 September 2020 Hal. 550- 556. DOI:http://doi.org/10.31849/dinamisia. v4i3.4376 diakses 20 November 2020
Siregar, Eko Febri Syahputra & Suci Perwita Sari. (2020). Optimalisasi Pendekatan MIKiR Sebagai Solusi Pembelajaran Abad 21 Bagi Guru SD Muhammadiyah Kota Medan. Dinamisia: jurnal Pengabdian masyarakat: Vol 4 no 3 September 2020 Hal. 550- 556. DOI:http://doi.org/10.31849/dinamisia. v4i3.4376 diakses 20 November 2020
Supardi. 2014. Kinerja Guru. Rajagrafindo Persada. Jakarta
Trilling dan Fadel (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco, Calif., Jossey-Bass/John Wiley & Sons, Inc.
Woods. (2014). Problem-Based Learning (PBL) (online). McMaster University. Retrieved December 5, 2019. from http://chemeng.mcmaster.ca/problembased-learning
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.