Pendampingan Guru Matematika Sekolah Menengah dalam Pembuktian Matematika

Authors

  • Yusuf Hartono Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Darmawijoyo Darmawijoyo Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Somakim Somakim Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Fitri Maya Puspita Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Novita Sari Universitas Sriwijaya, Indonesia http://orcid.org/0000-0001-6352-5216
  • Ruth Helen Simarmata Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Elika Kurniadi Universitas Sriwijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v4i1.943

Keywords:

Pembuktian Matematika, Persepsi, Pengabdian kepada Masyarakat

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk mendampingi guru dalam melakukan pembuktian matematika. Metode pelaksanaan kegiatan yaitu presentasi dan pendampingan yang terdiri dari tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan. Pelaksanaan kegiatan dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan tatap maya meliputi pemberian materi dari narasumber dan presentasi tugas oleh peserta. Data yang diperoleh dari kegiatan ini adalah berupa persepsi guru terhadap bukti matematika, pendapat peserta terhadap kegiatan, dan dokumentasi tugas peserta yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh yaitu persepsi guru tentang bukti matematika meningkat, pendapat peserta terhadap kegiatan ini sangat baik, dan meningkatnya kemampuan guru dalam pembuktian matematika.

Author Biographies

Yusuf Hartono, Universitas Sriwijaya

Program Studi Pendidikan Matematika

Darmawijoyo Darmawijoyo, Universitas Sriwijaya

Program Studi Pendidikan Matematika

Somakim Somakim, Universitas Sriwijaya

Program Studi Pendidikan Matematika

Fitri Maya Puspita, Universitas Sriwijaya

Program Studi Matematika

Novita Sari, Universitas Sriwijaya

Program Studi Pendidikan Matematika

Ruth Helen Simarmata, Universitas Sriwijaya

Program Studi Pendidikan Matematika

Elika Kurniadi, Universitas Sriwijaya

Program Studi Pendidikan Matematika

References

Harini, L.P.I. & Oka, T.B. (2016). Penggunaan Mind Map dalam Pembuktian Matematika. Jurnal Matematika, 6(1), 56-67. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/jmat/article/view/25403.

Herizal, Suhendra, & Nurlaelah, E. (2020). Pengaruh Kemampuan Memahami Bukti Matematis terhadap Kemampuan Mengonstruksi Bukti matematis pada Trigonometri. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 17-24. Retrieved from http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/8115/5091.

Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. Jurnal a1-Khawarizmi, 1(2), 1-10. Retrieved from https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/al-khwarizmi/article/view/88/75.

Rochmad. (2010). Proses Berpikir Induktif dan Deduktif dalam Mempelajari Matematika. Jurnal Kreano 1(2), 107-117. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/1494/1618.

Stylianides, A. (2007). The Notion of Proof in The Context of Elementary School Mathematics. Educational Studies in Mathematics, 65(1), 1-20. Retrieved from https://link.springer.com/article/10.1007/s10649-006-9038-0.

Sumardyono. (2018). Kemampuan Guru dalam Menyusun Bukti Matematis. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(8), 510-522. Retrieved from http://idealmathedu.p4tkmatematika.org/articles/IME-V5.8-03-Sumardyono.pdf.

Sumarmo, U. (2011). Advanced Mathematical Thinking dan Habit of Mind Mahasiswa (Bahan Kuliah). PPS UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Syafri, F. S. (2017). Kemampuan Representasi Matematis dan Kemampuan Pembuktian Matematika. JURNAL e-DuMath, 3(1), 49-55. Retrieved from https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/edumath/article/view/283/173.

Yanti, D. & Yunita, H. (2020). Kecemasan Matematika dan Self Efficacy dalam Melakukan Pembuktian Matematika. Journal of Mathematics Science and Education, 2(2). Retrieved from https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JMSE/article/view/915/480.

Downloads

Published

2021-02-11

Issue

Section

Articles

Citation Check