Literasi dan Media Pembelajaran Interaktif pada Guru SD
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v4i1.970Keywords:
literacy, interactive learning mediaAbstract
Teachers experienced difficulties in learning carried out during the Covid 19 pandemic, especially literacy in learning and  innovative learning media. The power points made by the teachers have not led to interactive learning media. The teachers have not mastered and used learning media with Fastone Capture, Bandicam, Powtoon, Kinmaster, and Xrecorder in learning. Based on these problems, this service activity offers comprehensive training consisting of a preparatory stage in the form of surveys and interviews regarding partners' conditions, the implementation stage in the form of (1) exposure to learning literacy, (2) exposure to interactive learning media material, (3) interactive learning media assistance. The last stage is evaluation by providing a questionnaire about service activities and follow-up on further service activities. Community service activities are carried out by webinars. This service activity went well, as seen with 100% of the teachers attending this service, 90% of the participants stated that they were satisfied with this activity.
References
Ariyanto, R., & Kantun, S. (2018). Penggunaan Media Powtoon untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pelaku-Pelaku Ekonomi Dalam Sistem Perekonomian Indonesia (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIIID SMP Nurul Islam Jember Semester Genap Tahun Pelaj. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 12(1), 122–127. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7622
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 15–29. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2965
Desma Yulia, N. E. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Powtoon Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa IIS Kelas X di SMA Negeri Batam Tahun Pelajaran 2017/2018. Historia: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 2(1), 15–24.
Garsinia, D., Kusumawati, R., & Wahyuni, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Menggunakan Software Powtoon pada Materi SPLDV. JRPIPM: Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matetematika, 3(2), 44–51.
Hidayat, M. H., Basuki, I. A., & Akbar, S. (2018). Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian Dan Pengembangan, 3(1), 810–817. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11213/5360
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 27–35.
Marta Dwi Pangestu1, A. A. W. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Powtoon pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Kebijakan Moneter untuk Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Singosari. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(1), 71–79.
OECD. (2019). PISA 2018 Result Volume I-III.
Putri Oviolanda Irianto, L. Y. F. (2009). Pentingnya Penguasaan Literasi bagi Generasi Muda dalam Menghadapi Mea. In The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula (pp. 640–647).
Soemantri, S. (2019). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Digital. Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Digital, 3(1), 64. https://doi.org/10.30651/aks.v3i1.2372
Sugiharto, A., Wibowo, A., Wirawan, P. W., & Suhartono. (2019). Pembuatan Video Pembelajaran Bagi Guru-Guru SMPN 1 Karimunjawa. In Seminar Nasional Kolaborasi Pengabdian Kepada Masyarakat UNDIP-UNNES 2019 (pp. 289–293). Retrieved from semnasppm.undip.ac.id
Windasari, T. S., & Sofyan, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 1–13. https://doi.org/doi.org/10.21009/JPD.0101.01
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.