IbM Pemanfaatan Guru Sekolah Dasar dalam Pengembangan Pendidikan Karakter
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v4i3.976Keywords:
Pemberdayaan Guru SD, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).Abstract
Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah: 1) memberikan pemahaman kepada guru akan pentingnya keteladanan karakter guru kepada siswanya; 2) meningkatkan pemahaman guru terkait penguatan pendidikan karakter di sekolah; 3) memberikan pelatihan kepada guru untuk memahami pentingnya pendidikan karakter di sekolah. Lokasi dalam pengabdian ini adalah guru SD yang ada di kecamatan turatea kabupaten jeneponto. Metode pendekatan yang digunakan dalam pengabdian kepada masarakat ini dengan kegiatan pelatihan. Metode pelaksanaannya yaitu melakukan observasi kepada mitra, memberikan pelatihandan pendampingan setelah kegiatan. Hasil kegiatannya dapat disimpulkan bahwa: 1) guru memahami arti penting perlunya keteladan karakter guru kepada siswanya; 2) pemahaman guru terkait penguatan pendidikan karakter di sekolah meningkat melalui pelatihan yang berikan; 3) guru memiliki pemahaman tentang pentingnya pendidikan karakter disekolah.References
Albertus. Doni Koesoema. 2010. Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Asmani, Ma’mur, J.2012. Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta DIVA Press.
Hidayatullah, M. Furqon. 2010. Pendidikan Karakter; Membangun Peradapan Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka
Kemdikbud, 2017. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.
Masnur Muslih. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda.
Mustakim, Bagus. 2011. Pendidikan Karakter Membangun Delapan Karakter Emas Menuju Indonesia Bermartabat. Yogyakarta: Samudra Baru.
Peraturan Pesiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003. Tentang Sistem pendidikan nasional.
Yahya, Khan. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Jakarta: PT.Grasindo.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
![Creative Commons License](https://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.