EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN BASED LEARNING PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

SRI YULIANTI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran matematika kelas X di SMA Bait Al-Quran Kayuagung Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan rancangan non-equivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah kelas X Palestina sebagai kelas eksperimen dan kelas X Yaman sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling. Proses pembelajaran di kelas eksperimen mendapatkan perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan di kelas kontrol diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data menggunakan teknik tes berbentuk soal essai berjumlah lima soal untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan (α) = 0,05. Berdasarkan analisis t-test data test akhir diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 kemudian menurut basis pengambilan keputusan dalam T-Test dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terbukti, bahwa ada pengaruh yang signifikan model PBL pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X SMA Bait Al-Quran Kayuagung.


Keywords


pembelajaran matematika, based learning, pemecahan masalah

Full Text:

PDF

References


Amir, Taufiq. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jakarta: Kencana. hal 20

Effendi, Moh. Mahfud. (2010). Prinsip Kurikulum Matematika Sekolah: Pengembangan Tinjauan Orientasi. skripsi. FKIP UMM. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Gunantara, dkk .(2014). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan matematika siswa keterampilan pemecahan masalah. Jurnal Mimbar PGSD Ganesha University of PGSD Department, hal 2

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Ilmiah dan Kontekstual adalah waktu yang lama dari abad ke-2 Belajar. Bogor: Graha Indonesia. Hal: 301

Sanjaya, Wina. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. hal 1

Sari, Maharani Kartika. (2011). Profil Kesulitan Siswa Kelas VIII dalam Pemecahan Masalah Matematika pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua-Variabel. Malang : FKIP Universitas Sebelas Maret. hal 162-164

Suherman, Erman, dkk. (2001). Strategi Buku Teks Umum Matematika Kontemporer Belajar. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). hal 83

Sumiati dan Asra. (2009). Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima. hal 139




DOI: http://dx.doi.org/10.31100/histogram.v2i2.214

Article metrics

Abstract views : 16 | views : 5


Copyright (c) 2018 HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika

Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika indexed by:
 
 
 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats