Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III C Melalui Model PBL Menggunakan Media Audiovisual

Penulis

  • Reza Tegar Rizqiana Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Widya Kusumaningsih Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Nur Riskiyati Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i2.3575

Abstrak

Penelitian tindakan kelas dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III C pada mata pembelajaran tematik di SDN Karanganyar Gunung 02. Model pembelajaran yang dipilih adalah Problem Based Learning dengan menggunakan media audiovisual. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan pra siklus sebagai tahap awal. Setiap siklus melibatkan perbaikan terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan media yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning menggunakan media audiovisual signifikan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada pra siklus, nilai rata-rata peserta didik adalah 60 dengan persentase 21,4%. Pada siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 75,5 dengan persentase 75%. Sedangkan pada siklus II, nilai rata-rata mencapai 88,5 dengan persentase 92,8%. Kesimpulannya, model pembelajaran Problem Based Learning dengan media audiovisual efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran tematik.

Referensi

Anugraheni, I. 2018. Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta-analysis of Problem Based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary School] polyglot: Jurnal Ilmiah. 14(1), 9-18.

Gunantara, G., Suarjana, I. M., & Riastini, P. N. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan KEmampuan Pemecahan Masalah tematik Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 2 (1).

Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Ghalia Indonesia.

Hwang, W. Y., Shadiev, R., Huang, Y. M., Lin, Y. T., & Chen, N. S. (2017). Effects of a problem-based learning environment on achievement and self-regulation in learning English as a foreign language. Computer Assisted Language Learning, 30(5), 359-381

Karlina, E. 2017. Analisis Pembelajaran Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan dengan Menggunakan Kurikulum 2013 di SMAN 46 Jakarta. Research and Development Journal of Education, 1(1).

Kurnia, U., Rifai., H & Nurhayati, N. 2015. Efektivitas Penggunaan Gambar pada Brosur dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas SMAN 5 Padang. Pillar of Physics Education, 6 (2).

Mawardi, 2014. Penyesuaian Komponen-Komponen PTK Setelah Pemberlakuan Kurikulum SD/MI Tahun 2013. UKSW Salatiga.

Nasution. (2013). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Novitasari, R. A., & Anugraheni, I. 2017. Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD Taruna Bangsa Melalui Pendekatan Problem Based Learning. Jurnal handayani PGSD FIP Unimed, 7(2), 77-83).

Riswati, R., Alpusari, M., & Marhadi, H. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 019 Sekeladi Tanah Putih. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) BIdang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 102.

Schroeder, N. L., Nesbit, J. C., Anguiano, C. J., Adesope, O. O., & Trigwell, K. (2017). The effectiveness of video-based versus traditional methods for teaching nursing skills: A systematic review. Nurse Education Today, 50, 97-103. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2016.12.010

Serin, O., & Serin, N. B. (2017). The impact of problem-based learning on academic achievement and self-regulation: A comparative study of undergraduate students in biostatistics. Education and Science, 42(188), 285-303.

Sit, M., & Nasution, R. A. (2021). Model Alternatif Parenting Islami pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1111-1125. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1149

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung: CV. Alfabeta.

Wijaya, R. 2016. Peningkatan Prestasi Belajar PKn Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Basic Education, 5(34), 3-227.

Diterbitkan

2024-06-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check