Pengaruh Powerpoint Interaktif Terhadap Peningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa UPTD SD Negeri 70 Parepare

Penulis

  • Ila Israwaty Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Kamaruddin Hasan Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Indriani Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i2.3579

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi peningkatan prestasi belajar IPA pada siswa kelas V UPTD SD Negeri 70 Parepare yang menggunakan media pembelajaran berbasis Powerpoint interaktif, serta untuk menilai dampak media pembelajaran tersebut terhadap hasil belajar IPA. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen menggunakan One-Group Pretest-Posttest dalam bentuk Pre-experimental. Sampel penelitian diambil secara menyeluruh. Data dikumpulkan melalui tes pilihan ganda dan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil deskriptif menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari 34.57 pada pretest menjadi 79.32 pada posttest. Analisis inferensial menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar IPA setelah penerapan media pembelajaran Powerpoint interaktif. Uji hipotesis Paired Sample T-test menolak H0 dan menerima H1, menegaskan bahwa penggunaan media pembelajaran Powerpoint interaktif secara positif mempengaruhi hasil belajar IPA siswa kelas V di UPTD SD Negeri 70 Parepare.

Referensi

Anggraeni, A., Nahdlatul, U., Al, U., & Cilacap, G. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Melalui Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VI. Jurnal Pancar (Pendidikan Anak Cerdas dan Pintar). 5(2).

Anjarwati, A., Irianti, M., & Sutomo, E. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Smp Negeri 5 Raja Ampat Pada Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia. Jurnal Inovasi Pembelajaran Ipa Vol. 4 (1): 1-9.

Auliah, R., (2017). “Pengaruh Penggunaan powerpoint Interaktif sebagai Alat Bantu Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas III SD Negeri 48 Bonto Kapetta Kabupaten Maros.

Damitri, D. E. & Adistana, G. A. Y. P., (2023). Keunggulan Media Powerpoint Berbasis Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Teknik Bangunan. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 6(2).

Djabba, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 48 Parepare Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching And Science, 2.

Firdaus, A. R. & Julianto. (2019). Studi Deskriptif Strategi Guru Dalam Mengajarkan Materi Ipa Pada Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4).

Hasan, K., Halik, A., Eka, N., & Suratman, Z. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SD Negeri Di Gugus IV Wilayah II Kecamatan Soreang Parepare. Jurnal Pendidikan Matematika,

Hikmah, S. N., & Maskar, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Microsoft Powerpoint Pada Siswa Smp Kelas Viii Dalam Pembelajaran Koordinat Kartesius. In Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, Vol. 1(1).

Israwaty, I, Hasan, K, & Rijal, M. (2020). Penerapan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics): Pembangkit Listrik Sederhana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV UPT SD Negeri 193 Pinrang. Jurnal Publikasi Pendidikan. Vol. 2(1), 1-4.

Luh, N., Sintia Dewi, P., Bagus, I., & Manuaba, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VI SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 76–83.

Mulyasa, (2021). Manajemen Pembelajaran Learning Management. Jakarta: Bumi Aksara.

Saragih, G., Thesalonika. E., & Sihombing. S. (2022). Pengaruh media pembelajaran PowerPoint berbasis interaktif terhadap hasil belajar siswa di kelas IV pada tema 4 berbagai pekerjaan. Jurnal pendidikan dan konseling. Vol. 4 (5)

Sitohang, A. L. L. W., & Sirait. J. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran PowerPoint interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas 5 SD Negeri 095 198 silo Maria Tanah Jawa. Journal of education. Vol. 6 (2)

Sulfemi, W, B., & Hilga, M. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 Sd Menggunakan Model Picture and Picture Dan Media Gambar Seri. Jurnal Muhammadiyah Bogor.4(2).

Wulandari, E, (2022). Pemanfaatan Powerpoint Interaktif sebagai Media Pembelajaran dalam Hybrid Learning. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. Vol. 1 (2): 27.

Diterbitkan

2024-06-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check