Pengaruh Media Ular Tangga Pintar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas II

Penulis

  • Rahma Widi Ardianingtyas Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Veryliana Purnamasari Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Hartati Universitas PGRI Semarang, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i2.3580

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media UPIN (Ular Tangga Pintar) terhadap hasil belajar siswa muatan Pendidikan Pancasila kelas II SDN Pedurungan Lor 02. UPIN adalah media pembelajaran dengan sistem permainan ular tangga namun memiliki keistimewaan yaitu pada nomor tertentu menuju finish terdapat kartu soal berisi pertanyaan misteri mengenai materi Pancasila. Materi yang diambil yaitu muatan Pendidikan Pancasila Unit 1. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif eksperimen one group pretest-posttest design dengan pengambilan sampel paired sample atau sampel berpasangan sedangkan teknik analisis data yaitu Uji T-Test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan penggunaan media UPIN pada materi Pancasila Unit 1 kelas II SDN Pedurungan Lor 02 memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Data tersebut diperoleh dari hasil uji paired sample T-Test dalam aplikasi SPSS v.26. Hal ini dibuktikan dari hasil uji paired sample T-Test signifikansi 0,000 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media UPIN terbukti memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Biografi Penulis

Veryliana Purnamasari, Universitas PGRI Semarang

Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru, Universitas PGRI Semarang

Referensi

Aniq Kh B, Moh, and Ian Bagus Koko Darminto. 2013. “Terapan Media Permainan Ular Tangga Pintar dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Oleh: Moh. Aniq Kh.B, Ian Bagus Koko Darminto IKIP PGRI Semarang.” 3: 31–41.

Anwar Ardani, Dian Rahmawati, Aulia Ar Rakhman Awaludin. 1994. “Pengaruh Model Pembelajaran Meaningful Constructional Design Berbantuan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents 135(4): 103–11.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. ed. Suryani. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Baiquni, Imam. 2016. “Penggunaan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jpkm 01(02): 193–203.

Dewi, Kusumaningsih. 2013. Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: CV. Andi.

Dewi, Tiara, Muhammad Amir Masruhim, and Riski Sulistiarini. 2018. “Metodologi Penelitian.” Jurnal Keperawatan Muhammadiyah (April): 5–24.

Drs. Rudi Susilana, M.Si & Cepi Riyana, M.Pd. 2009. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian.Bandung: wacana prima.

Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Jacobus Ranjabar, S.H, M.Si. 2016. Sistem Sosial Budaya Indonesia. 4 th ed. ed. Dimas Handi. CV. ALVABETA. www.cvalfabeta.com.

Julianti, Dena. 2018. “Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Melalui Strategi Peer Lessons Dengan Media Permainan Ular Tangga” Madrosatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah1(1): 41–61

Kokom Komalasari. 2011. Pembelajaran Kontekstual. 2nd ed. ed. Nur Falah Atif. Bandung: PT Refika Aditama. www.refika-aditama.com

Kosanke, Robert M. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas V Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di SD/MI.”

Kurniati, Puji, Mei Fita Asri Untari, and Joko Sulianto. 2020. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Materi Penjumlahan Puluhan Menggunakan Metode Permainan Media Ular Tangga.” Journal of Education Action Research4(4): 407.

Listyani, Amin. 2018. “Pengembangan Board Game Ular Tangga Berbasis.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar: 593-604 http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/10732/10286.

Maisyarah, Firman &. 2019. “Media Ular Tangga, Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” https://doi.org/10.31227/osf.oi/46prn.

Nur Syam. 2019. “Dikdas Matappa: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 2 no 1 (April): 17–24.

Nurrita, Teni. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Qur'an, Hadits, Syari’ah dan Tarbiyah 3(1): 17.

Oktiani, Ifni. 2017. “Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik.” Jurnal Kependidikan 5 (2): 216–32.

Paksi, vestika Damayanti & Hendrik Pandu. 2018. “Pengaruh Media Ular Tangga Terhadap Pemahaman Kognitif Siswa Kelas IV Pada Materi Hak Dan Kewajiban.” 06.

Pipin Dwi Saputri, M. Soepriyadi Djoko Laksana, Tri Wahyuni Chasanatun. 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas 5 Di SDN 01 Manisrejo.” 3: 320–26.

Prayogo, Suluh, Firosalia Kristin, and Indri Anugraheni. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Reflective Learning Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pkn Kelas 5 Sdn Sukodono 03.” Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar5(2): 121–32.

Prof. Dr. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 21st ed. Bandung. www.cvalfabeta.com.

Saadah, Khilma Aziz Wakhidatus. 2020. “Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan.” Jurnal: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Volume 5(Nomor 1): hlm: 131-138.http://journal2.um.ac.id/index.php/jppk/article/view/7820/3749

Setiawati, Ika. 2021. “Penggunaan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.” Jurnal Al Fikrah 3(1): 69–99.

Sumantri, Moh. Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran. Depok: PT.Rajagrofindo.

Diterbitkan

2024-06-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check