Pemanfaatan Literacy Information and Communication of Technology Google Sites bagi Peserta Didik

Pemanfaatan Literacy Information and Communication of Technology Google Sites bagi Peserta Didik

Penulis

  • Ade Fricticarani Universitas Bina Bangsa
  • Dandi Rizky Oktariansyah Universitas Bina Bangsa
  • Redian Putra Universitas Bina Bangsa
  • Sirozul Qory Universitas Bina Bangsa
  • Tatu Humrotul Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i2.3581

Abstrak

Era revolusi 5.0 merupakan era pengembangan serta penyempurnaan dari revolusi 4.0. di Era ini perkembangan teknologi terus meningkat sehingga pemanfaatan ICT sebagai media atau alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi semakin berkembang pesat sehingga  Literasi Information and Communication of Technology sangat dibutuhkan khususnya bagi dunia pendidikan. Literasi Information and Communication of Technology merupakan kemampuan seseorang dalam menggunakan aplikasi teknologi dan informasi secara efektif dan efisien. Di era pembalajaran saat ini ICT sangat diperlukan salah satunya yaitu google sites. Google sites merupakan salah satu layanan website gratis yang digunakan untuk media pembelajaran. Kemudahan dalam mendapatkan media pembelajaran menjadi semakin luas, sehingga informasi yang didapat peserta didik tidak semata bersumber dari buku pelajaran saja, tapi bisa didapatkan pula dari luar ketika mereka dapat menggunakan perangkat digital dengan baik. Berbagai kegiatan dan kebutuhan pembelajaran seperti menghimpun, mempersiapkan, menyimpan, memproses, mengkaji, serta menyebarluaskan informasi dapat menggunakan teknologi informasi digital. Teknologi tersebut dapat menjadi sebuah alat untuk memudahkan berbagai kebutuhan informasi di dalam proses pembelajaran yang dapat meningkatkan pengetahuan maupun pemahaman bagi peserta didik dengan baik.

Referensi

A’yun, Q. (2021). Analisis Tingkat Literasi Digital dan Keterampilan Kolaborasi Siswa Dalam Pembelajaran IPA Kelas VII Secara Daring. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, Vol. 5, no. 1 : 273.

Baka. (2022). Penggunaan Google Site Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbahasa Jerman Untuk Siswa Kelas X SMA Laboratorium UM. Journal of Language, Literature, and Arts, 2 (9).

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika : Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, Vol. 21 33-54.

Hardani Ahyar, H. A. (2020). metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.

Harjono, H. S. (2018). Literasi Digital: Prospek dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 8(1), 1-7.

Kemendikbud. (2017). Retrieved from https://repositori.kemdikbud.go.id/: https://repositori.kemdikbud.go.id/11635/1/cover-materi-pendukung-literasi-digital-gabung.pdf

Kemenkominfo. (2022). Retrieved from https://web.kominfo.go.id/: https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/ReportSurveiStatusLiterasiDigitalIndonesia2022.pdf

Maspuroh, U. (2022). Implementasi Literasi Digital Dalam Keterampilan Berbicara Melalui Siniar Untuk Membentuk Personal Branding Siswa SMA Negeri 1 Teluk Jambe dan SMA Negeri 1 Majalaya Kabupaten Karawang. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, Vol. 7, no. 2 : 2381.

Mohammad Mustakima, S. S. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Blended Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Literasi Digital Matematika. Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, Vol. 5 No.1 88-99.

Muchlis, G. M. (2022). Development of Islamic Education Learning Tools Based on E-Learning to Enhance Students Digital Literacy. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran 8, no. 2, 500.

Muhammad Hasan, M. D. (2021). Media Pembelajaran. Jawa Tengah: Tahta Media Grup.

Muhammad Taufik, S. S. (Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Webkepada Guru Ipa Smp Kota Mataram. Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Webkepada Guru Ipa Smp Kota Mataram, Vol. 1, no. 1 : 78.

Munir, N. (2017). Pengantar Hukum Siber Indonesia. Depok: Rajawali Pers.

Nandang Hidayat, H. K. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2, no. 1 13-14.

Nani Pratiwi, N. P. (2017). Pengaruh Literasi Digital terhadap Psikologis Anak dan Remaja. Semantik 6 no. 1, Vol 6 no. 1 11–24.

Pranoto, S. A. (2020). Pengembangan Web E-Learning Untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa. HISTORIKA, Vol. 23 No. 1 45-56.

Restuningsih, E. (2019). Penerapan Aplikasi Presensi Siswa Menggunakan QR Code Di SMAN 17 Surabaya. INTEGER: Journal of Information Technology, Vol. 4, no. 2 : 1–7.

Rosiyana. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Google Sites Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Jarak Jauh Siswa Kelas Vii Smp Islam Asy-Syuhada Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Korpus, Vol. 5 No. 2 : 217-226.

Rusman. (2016). Pembelajaran tematik terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sulianta, F. (2020). Literasi Digital, Riset, Perkembangannya & Perspektif Sosial Studies. Bandung: Feri Sulianta.

Suwarto, D. H. (2014). Membangun Karakter Bangsa Melalui Literasi Digital. Applied Microbiology and Biotechnology, 2071–2079.

Syaripudin, A. (2017). Kerangka Literasi Digital. Jakarta: ICT Watch.

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Diterbitkan

2024-06-30

Terbitan

Bagian

Articles