Analisis Nilai-Nilai Moral Pada Film Animasi Finding Nemo dan Relevansinya Pendidikan Sekolah Dasar

Penulis

  • Dian Maharani Ambar Pradini Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Sukamto Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Intan Rahmawati Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i2.3599

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan dan mengetahui nilai-nilai moral dalam film “Finding Nemo”, (2) untuk menjelaskan relevansi nilai-nilai moral yang terdapat pada film “Finding Nemo” dengan pendidikan karakter bagi siswa tingkat dasar. Metode ini digunakan untuk mengetahui nilai-nilai moral dalam film “Finding Nemo”. Dan juga, relevansinya terhadap pendidikan karakter. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1). Nilai-nilai moral yang terdapat dalam film “Finding Nemo” antara lain: a) kasih sayang orangtua kepada anaknya, b) patuh terhadap orangtua, c) berusaha dengan sungguh-sungguh, d) orangtua harus memberikan kebebasan kepada anaknya, e) tolong menolong antar sesama, f) saling percaya antar teman/sahabat maupun keluarga, g) jangan pernah malu untuk meminta maaf, h) siap melepaskan anak untuk berpetualang, i) belajar untuk bekerja sama. (2). Relevansi nilai-nilai moral yang terdapat dalam film “Finding Nemo” dengan pendidikan karakter bagi siswa tingkat dasar terdapat dalam nilai karakter kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli sosial dan tanggung jawab.

Referensi

Adisusilo, Sutarjo. (2016). Pembelajaran Nilai Karakter: Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Angraini, Widya Yuniar. (2017). “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Serial Kartun Upin dan Ipin serta Relevansinya dengan Pendidikan Karakter”, Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Ponorogo.

Brooker, M. Keith. (2015). Disney, Pixar, and Hidden Messages of Children’s Films. California: ABC-CLIO, LLC.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2021). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Elmubarok, Zaim. (2019). Membumikan Pendidikan Nilai: Mengumpulkan yang Terserak, Menyambung Yang Terputus dan Menyatukan Yang Tercerai. Bandung: Alfabeta.

Fadlillah dan Lilif Mualifatu Khorida, Muhammad. (2015). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fathoni, Abdurrahman. (2016). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunarsa, Singgih. (2023) Dasar dan Teori Perkembangan Anak. BPK Gunung Mulia.

Istanto, Budi. (2017). Pentingnya Pendidikan Moral Bagi Generasi Penerus. Yogyakarta: FIP. UNY.

Kesuma, Dharma. (2021). Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lickona, Thomas. et al. (2018). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media.

Mahmud. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Moeloeng, Lexy J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mujib dan Muhaimin, Abdul. (2020). Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Trigenda Karya.

Mulyana, Rohmat. (2015). Mengartikulasikan Pendidikan Islam. Bandung: Alfabeta.

Naim, Ngainun. (2017). Character Building: Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu & Pembentukan Karakter Bangsa. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Pixar’s 2nd Biggest; (2023) ‘Worldwide: $66M Domestic Is Biggest Opening For Original Live Action Film Since ‘Avatar’. Deadline.com. PMC Network.

Prahastuti, Ani Nur. (2017). “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Anak dalam Film India Chillar Party”, Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Ponorogo.

Diterbitkan

2024-06-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check