Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD

Penulis

  • Maisarah Mufti Universitas PGRI Palembang, Indonesia, Indonesia
  • M Taheri Akhbar Universitas PGRI Palembang, Indonesia, Indonesia
  • Susanti Faipri Selegi Universitas PGRI Palembang, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i3.3627

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem based learning terhadap terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDIT Annajiyah Lubuklinggau. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian Pre Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest yang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari satu kelas yaitu kelas IV yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen tes berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan uji t (paired sample t-test) . Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata pretest IPAS sebesar 50,50 sedangkan rata-rata hasil posttest IPAS sebesar 84,00 sehingga mengalami peningkatan sebesar 33,3 . Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa    nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning efektif terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD.

Referensi

Ahyanika, O., Aryaningrum, K., & Selegi, S. F. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 91 Palembang. Kalpataru:Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah, 9(2) 126-135.

Amilatul, d. (2023). Media Interaktif Pembelajaran IPAS. Semarang: Cahya Ghani Recovery.

Ariyani, b., & Kristin, f. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran,5(3) 353-361.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan,8(2), 468-470.

Farda, U. J., Putri, L. I., & Mumpuni, H. S. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi di SD/MI (Penerapan Strategi Four Me pada Pembelajaran IPAS). Semarang: Cahya Ghani Recovery.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5-11.

Lestari, d., Asbari, m., & Yani, e. e. (2023). Kurikulum Merdeka: Hakikat Kurikulum dalam Pendidikan. Journal Of Information Systems And Management, 2(6), 85-88.

Mariya. (2019). Keefektifan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3(6), 1247-1245.

Muna, f., saputra, h. j., & baktiningsih, d. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Jekerto. Seminar Nasional PPG UPGRIS, 1(1), 659-667.

Sanjaya, E. (2021). Penggunaan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik di. SHEs: Conference Series 4 (5), 1995– 2000.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Sutha, D. W. (2021). Biostatistika. Malang: MNC Publisher.

Wijayanti, i. d., & ekanti, a. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS SM/SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2100-2112.

Wulandari, A. (2023). Statistika Pendidikan. Yogyakarta: Bintang semesta media.

Yansyah, F. (2023). Keefektifan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 68 Palembang. Indonesian Research Journal on Education, Vol. 3, (2), 1150-1157.

Diterbitkan

2024-09-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check