Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD

Penulis

  • Maisarah Mufti Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • M Taheri Akhbar Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Susanti Faipri Selegi Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i3.3627

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem based learning terhadap terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDIT Annajiyah Lubuklinggau. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian Pre Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest yang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari satu kelas yaitu kelas IV yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu instrument tes berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan uji t (paired sampel t-test) . Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata pretest IPAS sebesar 50,50 sedangkan rata-rata hasil posttest IPAS sebesar 84,00 sehingga mengalami peningkatan sebesar 33,3 . Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa    nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning efektif terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD.

Referensi

Ahyanika, O., Aryaningrum, K., & Selegi, S. F. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 91 Palembang. Kalpataru:Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah, 9(2) 126-135.

Amilatul, d. (2023). Media Interaktif Pembelajaran IPAS. Semarang: Cahya Ghani Recovery.

A Muzdalifah., Y. Arafat., & SF. Selegi. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Etnosains Terhadap Hasil Belajar SBdP di SD Muhammadiyah Prabumulih. Jurnal Hasil Penelitian, 8(1), 37 - 46

Ariyani, b., & Kristin, f. (2021). Model Pembelajaran Problem Basad Leaning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran,5(3) 353-361.

Astuti, M. (2022). Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Astutik, V. (2023). Integrasi Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar untuk Mewujudkan School Well-Being di Era Merdeka Belajar. Pekalongan: NEM.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and development InstitutPendidikan Tapanuli Selatan,8(2), 468-470.

Darwati, I. M., & Purana, 1. M. (2021). Problem Based Learning (PBL): Suatu model pembelajaran untuk mengembangkan cara berpikir kritis peserta didik. Widya Accarya, 12(1), 61-69.

Dayanti, N. (2022). Mengembangkan Motivasi dan Hasil Belajar dengan Pendekatan Problem Posing. Pekalongan: Penerbit NEM.

Dewi, D. P., Sismulyasih, N., & Putri, D. S. (2023). Pemain Bit IPAS Pengembangan Media Interaktif Berbasis IT IPAS. Semarang: Cahya Ghany Recovery.

Djonomiarjo, T. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal,5(1), 39-46.

Edison , A. (2023). Problem Based Learning Solusi Meningkatkan Prestasi Belajar. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan.

Farda, U. J., Putri, L. I., & Mumpuni, H. S. (2024). Pembelajaran Berdiferensi di SD/MI (Penerapan Strategi Four Me pada Pembelajaran IPAS). Semarang: Cahya Ghani Recovery.

Febriana, R. (2019). Kompetensi Guru. Jakarta: Bumi Aksara.

Festiawan, R. (2020). Belajar dan Pendekatan Pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman,11, 1-17.

Fitri, A., Rasa, A. A., Kusumawardhani, A., Nursya'bani, K. K., Fatimah, K., & Setianingsih, N. I. (2021). Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial . Jakarta: Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Hakim, R. A., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas dan reliabilitas angket motivasi berprestasi. Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 263-268.

Hariyanti, A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Kelas X Dpib 1 Di SMK Negeri 2 Ciamis. Jurnal Diksatrasia 4(1), 1-14.

Hasibuan, M. P., Azmi, R., Arjuna, D. B., & Rahayu, S. U. (2023). Analisis Pengukuran Temperatur Udara Dengan Metode Observasi. Gabdimas: Jurnajl Garuda Pengabdian Kepada Masyarakat,1(1), 8-15.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning DalamMeningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5-11.

Indrapangastuti, D. (2023). Berpikir Kritis Melalui Problem Based Learning (Teori dan Implementasi). Surakarta: Cv. Pajang Putra Wijaya.

Kalsum , U. (2022). Problem Based Learning. NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Khuluqo, I. E., & Istaryatiningtias. (2022). Modul Pembelajaran Manajemen Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Feniks Muda Sejahtera.

Korompot, S., Rahim, M., & Rahmat, P. (2020). Persepsi Siswa Tentang Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar. Jambura Guidance and Counseling Journal, 1(1), 40-48.

Lestari, d., Asbari, m., & Yani, e. e. (2023). Kurikulum Merdeka: Hakikat Kurikulum dalam Pendidikan. Journal Of Information Systems And Management, 2(6), 85-88.

Magdalena, I., Prasasti, D., Nurrohmah, N., & Awalina, F. M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar pada Pelajaran Matematika melalui Penerapan Model Problem Based Learning pada Siswa SDN Pinang 2. Jurnal Edukasi dan Sains, 3(1), 106-119.

Manurunng, A. S., A. H., & Rosyid, A. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematikadi Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 4 Nomor 4 T, 1291-1301.

Mariya. (2019). Keefektifan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3(6), 1247-1245.

Mathumi, I., Purmaningsih, I. R., & Purbangkara, T. (2022). Pembelajaran Berbasis Proyek (Projecst Based Learning). Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Mirdad, J. (2020). Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran). Jurnal Sakinah, 2(1), 14-23.

Muna, f., saputra, h. j., & baktiningsih, d. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Jekerto. Seminar Nasional PPG UPGRIS, 1(1), 659-667.

Nabila, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1), 659-663.

Nurbaiti. (2022). Pembelajaran Matematika berbasis Problem Based Learning. Pekalongan: NEM.

Nurhalimah, S., Hidayati, Y., Rosidi,I., & Hadi, W. P. (2022). Hubungan Antara Validitas Item Dengan Daya Pembeda dan Tingkat Kesukaran Soal Pilihan Ganda Pas. Jurnal Natural Science Educational Research, 4(3), 249-257.

Nurhamidah, S. (2022). Problem Based Learning Kiat Jitu Melatih Berpikir Kritis Siswa. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Riinawati. (2020). Monograf : hubungan penggunaan model pembelajaran blanded learning terhadap hasil belajar matematika. Mataram: CV. Kanhaya Karya.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Sanjaya, E. (2021). Penggunaan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik di . SHEs: Conference Series 4 (5), 1995– 2000.

Siswati, A. B., & Indrajit, R. E. (2023). Problem Based Learning. Yogyakarta: Andi.

siti muvida, & dkk. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Untuk Mata Pelajaran IPAS. Semarang: Cahya Ghani Recovery.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Susanti, W. (2021). Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Mandiri Pada Mata Kuliah

Algoritma Den Pemrograman. Yogyakarta: Samudra Biru

Sutha, D. W. (2021). Biostatistika. Malang: MNC Publisher.

Trygu. (2022). Studi Literatur Problem Based Learning untuk masalah Motivasi bagi siswa dalam Belajar Matematika. Indonesia: Spasi Media.

Wibowo, F. X. (2022). Statistika Bisnis dan Ekonomi dengan SPSS 25. Jakarta: Penerbit Salemba.

Wijayanti, i. d., & ekanti, a. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS SM/SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2100-2112.

Wulandari, A. (2023). Statistika Pendidikan. Yogyakarta: Bintang semesta media.

Yansyah, F. (2023). Keefektivan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 68 Palembang. Indonesian Research Journal on Education, Vol. 3, (2), 1150-1157.

Zainal, N. F. (2022). Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah . Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 3, 3584-3593.

Diterbitkan

2024-09-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check