this study PENERAPAN MODEL KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK TARI SISWA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i3.3666Kata Kunci:
Kata Kunci: keterampilan, gerak tari, pembelajaran kooperatif.Abstrak
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan gerak tari siswa di sekolah dasar melalui penerapan model kooperatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas desain Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Datar Limus dengan subjek penelitian yaitu kelas II SD Negeri Datar Limus. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatkan keterampilan gerak tari siswa yang dibuktikan dengan siswa semakin mahir dalam melakukan gerak dasar tangan, kaki, dan kepala serta mengkoordinasikan ketiga gerak dasar tersebut. Hasil tes keterampilan gerak tari siswa menunjukkan bahwa pada pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 55,68 dengan ketuntasan klasikal mencapai 32%. Lalu pada siklus I, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 65,72 dengan ketuntasan klasikal mencapai 52%. Nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus II adalah 80,12 dengan ketuntasan klasikal mencapai 80%.
Referensi
Amir, A., & Zain, M. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar menggunakan Tipe Jigsaw pada Materi Jaringan Tumbuhan Siswa Kelas VIII SMPN 2 Pematang Karau dengan Media Leaflet. BIO-PEDAGOGI, 6(2), 25–28. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v6i2.20698
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236
Masitoh, I., Sutisnawati, A., & Maula, L. H. (2023). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Bahasa Indonesia di Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(3), 1.839-1.851. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5669
Masyitho, L. D., Fatih, M., & Alfi, C. (2024). Penerapan Permainan Tradisional Bakiak dan Gobag Sodor Untuk Menstimulus Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal Perseda : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 20–29.
Prasetyaningsih, F. D. (2022). Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VI SDN Mojorejo 02 Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 1(4), 1–20.
Pulu, F. B. K., Lola, T. K., Sawe, M. S., Ede, A. P., Jodo, D. J., Wea, Y. K., … Fono, Y. M. (2023). Penerapan Pendidikan Seni untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 2(1), 121–128. https://doi.org/10.38048/jcpa.v2i1.1617
Sakti, S. A. (2019). Bahan Ajar Pengelolaan PAUD Nonformal. Yogyakarta: Universitas PGRI Yogyakarta.
Salim, Karo-karo, I. R., & Haidir. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Aplikasi bagi Mahasiswa, Guru Mata Pelajaran Umum dan Pendidikan Agama Islam di Sekolah). Medan: Perdana Publishing.
Wahyuni, A. P., Anjani Purba, A. R., & Rangkuti, H. F. (2022). Peran Guru dalam Merencanakan Dan Melaksanakan Pembelajaran di MI Yayasan Perguruan Islam Al-Hasanah. Ibtida’iy : Jurnal Prodi PGMI, 7(1), 13–17. https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v7i1.10316
Wedi, N. N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Iv SD. Journal of Education Action Research, 6(4), 533–538. https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.52107
Wicaksono, D., & Iswan. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten. Jurnal Ilmiah PGSD, 3(2), 111–126.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074