Penerapan Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Tari Siswa di Sekolah Dasar

Penulis

  • Dewi Indriyani Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia, Indonesia
  • Iis Nurasiah Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia, Indonesia
  • Irna Khaleda Nurmeta Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i3.3666

Kata Kunci:

Kata Kunci: keterampilan, gerak tari, pembelajaran kooperatif.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan  gerak tari siswa di sekolah dasar melalui penerapan model kooperatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas desain Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Datar Limus dengan subjek penelitian yaitu kelas II SD Negeri Datar Limus. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan gerak tari siswa yang dibuktikan dengan siswa semakin mahir dalam melakukan gerak dasar tangan, kaki, dan kepala serta mengkoordinasikan ketiga gerak dasar tersebut.  Hasil tes keterampilan gerak tari siswa menunjukkan bahwa pada pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 55,68 dengan ketuntasan klasikal mencapai 32%. Lalu pada siklus I, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 65,72 dengan ketuntasan klasikal mencapai 52%. Nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus II adalah 80,12 dengan ketuntasan klasikal mencapai 80%.

Referensi

Amir, A., & Zain, M. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar menggunakan Tipe Jigsaw pada Materi Jaringan Tumbuhan Siswa Kelas VIII SMPN 2 Pematang Karau dengan Media Leaflet. BIO-PEDAGOGI, 6(2), 25–28. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v6i2.20698

Aningsih, Y. F., Hilmiyati, F., & Meiliawati, F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Tari Melalui Tarian Bentang Banten. Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 13(02), 167–180.

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236

Iskandar, D., & Narsim. (2015). Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya Untuk Kenaikan Pangkat dan Golongan Guru & Pedoman Penulisan PTK bagi Mahasiswa. Ihya Media.

Masitoh, I., Sutisnawati, A., & Maula, L. H. (2023). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Bahasa Indonesia di Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(3), 1.839-1.851. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5669

Masyitho, L. D., Fatih, M., & Alfi, C. (2024). Penerapan Permainan Tradisional Bakiak dan Gobak Sodor Untuk Menstimulasi Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal Perseda : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 20–29.

Ni’mah, S. R., & Rochmania, D. D. (2024). Kepercayaan Diri Siswa Saat Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari di SDN Mojowarno 1 Kabupaten Jombang. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 2(1), 14–17. https://doi.org/10.61722/jipm.v2i1.36

Oktaviani, Y., Yuliasma, Y., & Susmiarti, S. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif pada Pembelajaran Tari di Kelas VIII 5 SMPN 25 Padang. Jurnal Sendratasik, 8(3), 15–23. https://doi.org/10.24036/jsu.v7i3.103450

Prasetyaningsih, F. D. (2022). Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VI SDN Mojorejo 02 Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 1(4), 1–20.

Pulu, F. B. K., Lola, T. K., Sawe, M. S., Ede, A. P., Jodo, D. J., Wea, Y. K., Dewi, Y. C., & Fono, Y. M. (2023). Penerapan Pendidikan Seni untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 2(1), 121–128. https://doi.org/10.38048/jcpa.v2i1.1617

Sakti, S. A. (2019). Bahan Ajar Pengelolaan PAUD Nonformal. Universitas PGRI Yogyakarta.

Salim, Karo-karo, I. R., & Haidir. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Aplikasi bagi Mahasiswa, Guru Mata Pelajaran Umum dan Pendidikan Agama Islam di Sekolah). Perdana Publishing.

Ubabuddin. (2019). Hakikat Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Edukatif, 5(1), 18–27.

Wahyuni, A. P., Anjani Purba, A. R., & Rangkuti, H. F. (2022). Peran Guru dalam Merencanakan Dan Melaksanakan Pembelajaran di MI Yayasan Perguruan Islam Al-Hasanah. Ibtida’iy : Jurnal Prodi PGMI, 7(1), 13–17. https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v7i1.10316

Wedi, N. N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Iv SD. Journal of Education Action Research, 6(4), 533–538. https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.52107

Wicaksono, D., & Iswan. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten. Jurnal Ilmiah PGSD, 3(2), 111–126.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Yulisetyowati, A. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Sebagai Pendorong Kreativitas Anak Di Sanggar Tari Nitaswadiri Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(1).

Diterbitkan

2024-09-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check