Keefektifan Metode Bernyanyi Materi Bangun Ruang Terhadap Pemahaman Konsep di SD Negeri Kalicari 01

Belajar, Menghitung, Hafalan Rumus

Penulis

  • Hikmatun Nazilah Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i3.3771

Kata Kunci:

Kesulitan Guru, Media Pembelajaran, Pembelajaran Matematika

Abstrak

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Damayani A. T, & Cintang, N. 2019. Pembelajaran Bilangan Sekolah Dasar. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Muarifah, F., Saputro, B. A., & Widyaningrum, A. 2021. “Keefektifan Metode Bernyanyi Berbantu Media Audio Visual Pada Materi Bangun Datar Terhadap Pemahaman Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Kebonsari”. Majalah Lontar, 33(3), 38-53.

Pane, A., & Dasopang, M. D. 2017. “Belajar dan pembelajaran”. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352. (GP Press Group).

Rohma, J. M. (2021). Keefektifan Metode Mind Map Berbantu Media Konkret Pada Hasil Belajar Matematika Bangun Ruang Kelas VI SD Islam Diponegoro Mranggen. Majalah Ilmiah Lontar, 33(1), 15-29.

Ridwan, R., & Awaluddin, A. F. 2019. Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raodhatul Athfal. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 56-67.

Putrianingsih, S., & Azizah, V. 2021. “Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Keliling Persegi Dan Persegi Panjang Siswa Kelas III MI Mujahidin Jati Mulyo Kepung. Inovatif: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, dan Kebudayaan, 7(2), 1-22.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Surat Edaran Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Kebudayaan, Riset, dan Menteri Dalam Negeri Nomor 01/KB/2022, Nomor 408 Th 2022, Nomor 01.08/1140/2022, Nomor 420-1026 Th 2022 Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Setiyanto, B. R., Subekti, E. E., & Wardhana, S. Y. M. 2021. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pemecahan Masalah Soal Matematika Pada Materi Volume Kubus dan Balok Kelas V SDN Kendalasem Demak”. Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar, 2(4), 500-507.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Unaenah, E., & Sumantri, M. S. 2019. Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan. Jurnal Basicedu, 3(1), 106-111.

Utami, K. S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA materi Daur Air Menggunakan Metode Bernyanyi Dengan Audio Visual Pada Siswa Kelas V MI Darul Falah Bakalrejo Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA).

Diterbitkan

2024-09-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check