Keefektifan Metode Bernyanyi Materi Bangun Ruang Terhadap Pemahaman Konsep di SD Negeri Kalicari 01

Penulis

  • Hikmatun Nazilah Universitas PGRI Semarang, Indonesia, Indonesia
  • Mei Fita Asri Untari Universitas PGRI Semarang, Indonesia, Indonesia
  • Ervina Eka Subekti Universitas PGRI Semarang, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i3.3771

Kata Kunci:

Kesulitan Guru, Media Pembelajaran, Pembelajaran Matematika

Abstrak

Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang kelas V pada SD Negeri Kalicari 01 Semarang. Hal tersebut disebabkan karena pembelajaran pasca pandemic covid guru dalam mengajar masih menggunakan metode ceramah, siswa belum memahami materi pembelajaran, sehingga hasil belajar rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode bernyanyi audio visual pada materi bangun ruang terhadap terhadap pemahaman konsep siswa kelas V SDN Kalicari 01 Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif, bentuk desain Pre Experimental design dengan tipe One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil analisis akhir yang telah dilakukan menggunakan uji-t menunjukkan hasil thitung > ttabel yaitu 12,063 > 2,056. Uji ketuntasan belajar Klasikal diperoleh hasil 75%. Maka kesimpulannya Ho ditolak dan Ha diterima sehingga metode bernyanyi efektif terhadap pemahaman konsep siswa kelas V SDN Kalicari 01 Semarang.

Referensi

Azizah, V., & Putrianingsih, S. (2021). Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Keliling Persegi dan Persegi Panjang Siswa Kelas III MI Mujahidin Jati Mulyo Kepung. 7(2).

Damayani, A. T., & Cintang, N. (2018). Pembelajaran Bilangan Sekolah Dasar. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Damayanti, F., & Rufiana, I. S. (2020). Universitas Muhammadiyah Ponorogo http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/edupedia.

Meilina, S. N. U., Abdurrahman, M., & Sopian, A. (2020). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Penguasaan Huruf Mudhoro’ah Fi’il Mudhori Melalui Google Classroom. Retrieved September 5, 2024, from https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Taqdir/article/view/6279

Muarifah, F., Saputro, B. A., & Widyaningrum, A. (2021). Keefektifan Metode Bernyanyi Berbantu Media Audio Visual pada Materi Bangun Datar terhadap Pemahaman Siswa Kelas IV SD N 1 Kebonsari. MAJALAH LONTAR, 33(3), 38–53.

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Ridwan, R., & Awaluddin, A. F. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raodhatul Athfal. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 56–67.

Rohani, R. (2019). Media pembelajaran (Diktat). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Sumatera Utara.

Rohma, J. M. (2021). Keefektifan Metode Mind Map Berbantu Media Konkret Pada Hasil Belajar Matematika Bangun Ruang Kelas VI SD Islam Diponegoro Mranggen. Majalah Ilmiah Lontar, 33(1), 15–29.

Setiyanto, R. B., & Subekti, E. E. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pemecahan Masalah Soal Matematik Pada Materi Volume Kubus dan Balok Kelas V SDN Kendalasem Demak. DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2(4), 500–507.

SKB 4 Menteri Terbaru Atur Pembelajaran Tatap Muka Seratus Persen. (2022, May 11). Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/05/skb-4-menteri-terbaru-atur-pembelajaran-tatap-muka-seratus-persen

Unaenah, E., & Sumantri, M. S. (2019). Analisis pemahaman konsep matematis siswa kelas 5 sekolah dasar pada materi pecahan. Jurnal Basicedu, 3(1), 106–111.

Utami, K. S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA materi Daur Air Menggunakan Metode Bernyanyi Dengan Audio Visual Pada Siswa Kelas V MI Darul Falah Bakalrejo Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019 [PhD Thesis, IAIN SALATIGA]. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/5835/

Wardani, P. D. K., Nurtamam, M. E., & Rozie, F. (2021). Pengembangan Lagu Edukasi Matematika dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Metode Edutainment di Kelas V SDN Keleyan 1 Socah. https://osf.io/preprints/aq9pd/

Zulfitria, Z. (2019). Upaya Meningkatkan Hafalan Perkalian Matematika Dengan Menggunakan Metode Bernyanyi Pada Siswa Kelas 2 SD Di Muhammadiyah 12 Pamulang Banten. Instruksional, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.1.17-24

Diterbitkan

2024-09-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check