Implementasi Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila Untuk Meningkatkan Karakter Gotong Royong di SDN 2 Kerso
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i3.3831Kata Kunci:
Pendidikan karakter, Gotong Royong, Profil Pelajar PancasilaAbstrak
Pendidikan karakter sangat penting dalam tumbuh kembang peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila Untuk Meningkatkan Karakter Gotong Royong di SDN 2 Kerso serta mendeskripsikan bentuk-bentuk perilaku gotong royong dan strategi pendidik dalam mempertahankan dan meningkatkan karakter gotong royong peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik observasi ini digunakan untuk memperoleh data secara langsung perilaku gotong royong peserta didik kelas 5 SDN 2 Kerso. Teknik wawancara dilakukan oleh peneliti pada guru kelas 5 SDN 2 Kerso dengan tujuan untuk memperoleh data lapangan yang bersifat umum kemudian mengerucut dan lebih rinci terhadap permasalahan yang ingin ditanyakan sesuai dengan rancangan yang dibuat. Hasil observasi penanaman nilai karakter gotong royong pada anak dalam hal kecil bisa melalui program membuat jadwal atau pembiasaan setiap hari. Melalui kegiatan piket kelas dan tugas kelompok dan melalui melalui substansi pembelajaran, dan pemberian penghargaan. Manfaat dari strategi yang dilakukan adalah untuk memberikan motivasi dalam menerapkan perilaku gotong royong. Untuk tema atau topik pembelajaran yang menjadi sarana penanaman dan peningkatan karakter gotong royong siswa seperti memberikan substansi pembelajaran pada mata pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, IPS, Dan PJOK.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Gotong Royong, Profil Pelajar Pancasila
Referensi
Anjarwati, W. 2018. Pudarnya Sikap Gotong Royong di Masa Modern Dtinjau Dari Ir.Soekarno. Jurnal Pendidikan , 4-5.
Aviani, R. R. 2020. Pengaruh Modernisasi Terhadap Semangat Nasionalisme Daan Gotong Royong Pada Generasi Muda. Artikel , 4-8.
Bintari, N. P., & Cecep, D. 2016. Peran Pemuda Sebagai Penerus Tradisi Sambatan Dalam Rangka Pembentukan Karakter Gotong royong. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial , 75.
Danial. 2014. Jejak Kepemimpinan Yang Makin Memudar . Artikel Etnohistori , 1.
Farida, H., & Sischa, R. 2010. Implementasi Pembelajaran Multikulural di Sekolah Dasar Provinsi Daerah Yogyakarta. Artikel , 1.
Hanafi. 2016, Mei Kamis. tentang gotong royong. Dipetik Juni Minggu, 2020, dari http://majalah1000guru.net/2016/05/budaya-gotong-royongglobalisasi/: www.majalah1000guru.net
Kemendikbud, T. P. 2017. Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Konsep dan Penguatan Pendidikan Karakter , 3.
Khan, Y. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publishing.
Khotimah, N. D. 2019. Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui kegiatan 5s Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmian Kependidikan , 30.
Kristanto, B. 2016. Penanaman karakter gotong royong siswa melalui pembelajaran collaborative learning pada siswa sekolah dasar. Jurnal PGSD FIP , 6..
Lexy, M. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
M, S., & Siti, H. 2019. Strategi Guru Dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Bagi Siswa. Jurnal Penelitian Keislaman , 58-63
Muslich, M. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multi Deminsional. Jakarta: Bumi Aksara.
Nunzairina. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Upaya Sekolah di SD IT ALHijrah 2 Laut Dendang. skripsi , 1.
Puspita, C. R. 2020. Internalisasi Nilainilai Karakter Gotong Royong Dalam Pembelajaran Tematik di Kelas 2 SD Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo. Skripsi , 50.
Rosyada, D. 2014. Pendidikan Multikulturalisme di Indonesia. Artikel , 1.
Saputra, N. D., Puspa, D., & Osa, J. 2019. Penanaman Nilai-Nilai Karakter Dalam Budaya Sekolah Berbasis Budaya Lokal di SDN Mardiharjo Kabupaten Musi rawas . Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar , 6.
Sardiman. 2010, Agustus Senin. 1. Dipetik Juni Senin, 2020, dari http://www.uny.ac.id/berita/pen didikan-karakter-mengajarkannilai-nilai-keutamaan-dan-nilainilai-keindonesiaan: http://www.uny.ac.id
Satriawan, A. H. 2010. Penerapan Gaya Mengajar Guru Dengan Memanfaatkan Media Visual Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Teori Pemesinan Siswa Kelas Xi Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Smk Bhineka Karya Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi , 28-29.
Setiawan, D. O. 2016. Peningkatan Karakter Gotong Royong Melalui Pelaksanaan Pembelajaran PKn Dengan Model Cooperative Lerning Tipe Jigsaw Untuk Siswa Kelas Ii Di SDN Nanggulan. Skripsi , 3.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yasir, A., & Kurniawan, R. A. (2018). Peran Guru Dalam Menumbuhkan Sikap Gotong Royong Bagi Siswa dI Sekolah Dasar. Artikel , 5.