Implementasi Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila untuk Meningkatkan Karakter Gotong Royong SDN 2 Kerso
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i3.3831Kata Kunci:
Pendidikan karakter, Gotong Royong, Profil Pelajar PancasilaAbstrak
Pendidikan karakter sangat penting untuk perkembangan peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila untuk meningkatkan karakter gotong royong di SDN 2 Kerso. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengamati perilaku gotong royong siswa kelas 5, sementara wawancara dengan guru bertujuan memperoleh data yang lebih rinci tentang permasalahan yang ada. Hasil observasi menunjukkan bahwa penanaman nilai gotong royong dapat dilakukan melalui program jadwal harian, kegiatan piket kelas, tugas kelompok, serta substansi pembelajaran dan pemberian penghargaan. Strategi ini bertujuan memberikan motivasi untuk menerapkan perilaku gotong royong. Tema pembelajaran yang mendukung penguatan karakter gotong royong meliputi mata pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, IPS, dan PJOK.
Referensi
Anjarwati, W. 2018. Pudarnya Sikap Gotong Royong di Masa Modern Ditinjau Dari Ir.Soekarno. Jurnal Pendidikan, 4-5.
Aviani, R. R. 2020. Pengaruh Modernisasi Terhadap Semangat Nasionalisme Dan Gotong Royong Pada Generasi Muda. Artikel, 4-8.
Bintari, N. P., & Cecep, D. 2016. Peran Pemuda Sebagai Penerus Tradisi Sambatan Dalam Rangka Pembentukan Karakter Gotong royong. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 75.
Danial. 2014. Jejak Kepemimpinan Yang Semakin Memudar. Artikel Etnohistori, 1.
Hakim, F. (2024). Analisis Perubahan Sosial Dan Budaya Masyarakat Pegunungan Sebagai Dampak Dari Globalisasi. Madani: Journal of Social Sciences and Social Science Education, 2(1), 60-74.
Hanafi. 2016, Mei Kamis. tentang gotong royong. Dipetik Juni Minggu, 2020, dari http://majalah1000guru.net/2016/05/budaya-gotong-royongglobalisasi/: www.majalah1000guru.net
Kemendikbud, T. P. 2017. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Konsep dan Penguatan Pendidikan Karakter, 3.
Kharisma, M. E., Faridi, F., & Yusuf, Z. (2023). Penanaman karakter gotong royong berbasis p5 di smp muhammadiyah 8 batu. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(2), 1152-1161.
Khotimah, N. D. 2019. Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui kegiatan 5s Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 30.
Kristanto, B. 2016. Penanaman karakter gotong royong siswa melalui pembelajaran collaborative learning pada siswa sekolah dasar. Jurnal PGSD FIP, 6.
Lexy, M. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
M, S., & Siti, H. 2019. Strategi Guru Dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Bagi Siswa. Jurnal Penelitian Keislaman, 58-63.
Maulana, M. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Implementasi Pembelajaran Manajemen Pendidikan Karakter. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 198-210.
Nunzairina. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Upaya Sekolah di SDIT ALHijrah 2 Laut Dendang. skripsi, 1.
Okpatrioka, O., & Zhafirah, N. (2023). Inovasi Penanaman Karakter Gotong Royong Berbasis Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Jenjang Sekolah Dasar. Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 1(3), 105-118.
Puspita, C. R. 2020. Internalisasi Nilai Nilai Karakter Gotong Royong Dalam Pembelajaran Tematik di Kelas 2 SD Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo. Skripsi, 50.
Riyadi, F. S., Nuroso, H., Handayani, R. S., & Saputra, B. A. (2024). Penerapan nilai gotong royong berbasis Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada jenjang sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(2), 697-709.
Rosyada, D. 2014. Pendidikan Multikulturalisme di Indonesia. Artikel, 1.
Saputra, N. D., Puspa, D., & Osa, J. 2019. Penanaman Nilai-Nilai Karakter Dalam Budaya Sekolah Berbasis Budaya Lokal di SDN Mardiharjo Kabupaten Musi rawas. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 6.
Setiawan, D. O. 2016. Peningkatan Karakter Gotong Royong Melalui Pelaksanaan Pembelajaran PKn Dengan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Siswa Kelas Ii Di SDN Nanggulan. Skripsi, 3.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yasir, A., & Kurniawan, R. A. (2018). Peran Guru Dalam Menumbuhkan Sikap Gotong Royong Bagi Siswa dI Sekolah Dasar. Artikel, 5.