The HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY (HLT) ANALYSIS IN PRIMARY MATHEMATICS LEARNING COURSES PGSD STUDENTS

HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY (HLT) ANALYSIS IN PRIMARY MATHEMATICS LEARNING COURSES PGSD STUDENTS

Authors

  • rince123 benu Universitas San Pedro, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i3.3862

Keywords:

Salah satu kompetensi yang harus dicapai mahasiswa dalam mata kuliah Pembelajaran Matematika SD adalah kemampuan dalam merancang kegiatan pembelajaran matematika namun sebagian mahasiswa mengalami kesulitan dalam merancang kegiatan pembelajaran matematika. Bentuk kesulitan yang dihadapi meliputi perumusan indikator dan perumusan tujuan pembelajaran sesuai dengan kompetensi dasar. Tujuan penelitian mengembangkan kemampuan mahasiswa PGSD dalam menyusun desain HLT pada materi matematika di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dan data yang diperoleh berupa portofolio desain HLT. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa dapat mendesain HLT pada kategori baik meliputi 3 aspek yakni goal math, student thinking & teacher support. Desain Hypothetical learning trajectory (HLT) dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar dapat digunakan oleh mahasiswa/ guru sebagai pedoman untuk memprediksi dan menyiapkan desain alur pembelajaran yang sesuai dengan tahapan berpikir siswa dan diharapkan dapat memperbaiki hasil belajar siswa. Kata Kunci: HLT; Matematika SD; Mahasiswa PGSD.

Abstract

One of the competencies that students must achieve in the Elementary Mathematics Learning course is the ability to design mathematics learning activities, but some students experience difficulties in designing mathematics learning activities.  The forms of difficulties faced include the formulation of indicators and the formulation of learning objectives in accordance with basic competencies. The purpose of the research is to develop the ability of PGSD students to develop HLT designs on mathematics materials in elementary schools. The method used in this study is descriptive qualitative and the data obtained is in the form of HLT design portfolios. The results of the study show that students can design HLT in a good category covering 3 aspects, goal math, student thinking & teacher support. The design of the Hypothetical learning trajectory (HLT) in mathematics learning in elementary schools can be used by students/teachers as a guideline to predict and prepare a learning flow design that is in accordance with the students' thinking stages and is expected to improve student learning outcomes.

Keywords: HLT; Elementary Mathematics; PGSD students

References

Atsnan, M. F. (2016). Keterlaksanaan learning trajectory pada pembelajaran matematika. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 57-63

Arnellis, Suherman, & Amalita, N. (2019). Implementasi learning trajectory kalkulus berbasis realistic matetmatics education untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi siswa SMA kota Padang. Menara Ilmu , 13.

Creswell, J. W. (2012). Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran Edisi keempat. Pustaka Pelajar.

Freankel, J. R., Wallen, N. E., Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition. New York: McGrow-Hill Componies, Inc.

Fuadiah, N. F. (2017). Hypothetital Learnimg Trajectory Pada Pembelajaran Bilangan Negative Berdasarkan Teori Didaktis Di Sekolah Menengah. Junal Musharafa , 6(1), 13-24.

Hajriyanto, Muhammad Haris, Mega & Nani. 2024. Hypothetical Learning Trajectory (HLT) terhadap Kemampuan Literasi Numerasi pada Materi Lingkaran. PTK, Vol.4 No.2 Mei 2024 ISSN: 2747-1977 (Print) / 2747-1969 (Online) DOI: https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.400

Hidayati, I., Deciku, B., & Azizah, T. (2022). Hypothetical Learning Trajectory Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berbasis Realistic Mathematics Education. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(2), 109. https://doi.org/10.24014/juring.v5i2.14933

Kasri. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika melalui Media Puzzle Siswa Kelas I SD. Blitar. Jurnal Pendidikan Riset & Konseptual, 2 (3). 320- 325.

Marshall, C. & Rossman, G. B. (2016). Designing Qualitative Research. Sixth Edition. SAGE

Publication, Inc.

Putri, R. I. I. 2012. Pendisainan Hypotetical Learning Trajectory (HLT) Cerita Malin

Kundang Pada Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Fmipa UNY, 1 – 9.

Resky, R. (2019). Hypothetical learning trajectory (HLT) dalam perspektif psikologi belajar

matematika. Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan , 18(1), 762-769.

Simon, M. A. (1995). Mathematic Pedagogy From A Constructivist Perspective. Journal for

Research in Mathematics Education. Journal for Research in Mathematics Education, 26(2), 114-145.

Sugiyono 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surya, A. (2018). Learning trajectory pada pembelajaran matematika sekolah dasar (SD). Jurnal Pendidikan Ilmiah, 4(2), 22-26.

Suryadi, D. (2010). Didactical Design Research (DDR) dalam Pengembangan Pembelajaran

Matematika. Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional Pembelajaran. MIPA UM Malang, 13 November 2010.

Sztajn, P., Confrey, J., Wilson, P. H., & Edgington, C. (2012). Learning Trajectory Based

Instruction: Toward A Theory of Teaching. Educational Researcher , 41(5), 147-156.

Wijaya, A. F. C. 2015. Profil Kemampuan Analisis Respon Siswa melalui Hypothetical

Learning Trajectory (HLT) sebagai Instrumen Pembelajaran dalam Pengembangan Beragam Kemampuan Siswa. Prosiding SNIPS Institut Teknologi Bandung, 185 – 188

Published

2024-09-30

Issue

Section

Articles

Citation Check