The HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY (HLT) ANALYSIS IN PRIMARY MATHEMATICS LEARNING COURSES PGSD STUDENTS
ANALISIS HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY (HLT) PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD MAHASISWA PGSD
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i3.3862Kata Kunci:
Salah satu kompetensi yang harus dicapai mahasiswa dalam mata kuliah Pembelajaran Matematika SD adalah kemampuan dalam merancang kegiatan pembelajaran matematika namun sebagian mahasiswa mengalami kesulitan dalam merancang kegiatan pembelajaran matematika. Bentuk kesulitan yang dihadapi meliputi perumusan indikator dan perumusan tujuan pembelajaran sesuai dengan kompetensi dasar. Tujuan penelitian mengembangkan kemampuan mahasiswa PGSD dalam menyusun desain HLT pada materi matematika di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dan data yang diperoleh berupa portofolio desain HLT. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa dapat mendesain HLT pada kategori baik meliputi 3 aspek yakni goal math, student thinking & teacher support. Desain Hypothetical learning trajectory (HLT) dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar dapat digunakan oleh mahasiswa/ guru sebagai pedoman untuk memprediksi dan menyiapkan desain alur pembelajaran yang sesuai dengan tahapan berpikir siswa dan diharapkan dapat memperbaiki hasil belajar siswa. Kata Kunci: HLT; Matematika SD; Mahasiswa PGSD.Abstrak
Salah satu kompetensi yang harus dicapai mahasiswa dalam mata kuliah Pembelajaran Matematika SD adalah kemampuan dalam merancang kegiatan pembelajaran matematika namun sebagian mahasiswa mengalami kesulitan dalam merancang kegiatan pembelajaran matematika. Bentuk kesulitan yang dihadapi meliputi perumusan indikator dan perumusan tujuan pembelajaran sesuai dengan kompetensi dasar. Tujuan penelitian mengembangkan kemampuan mahasiswa PGSD dalam menyusun desain HLT pada materi matematika di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dan data yang diperoleh berupa portofolio desain HLT. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa dapat mendesain HLT pada kategori baik meliputi 3 aspek yakni goal math, student thinking & teacher support. Desain Hypothetical learning trajectory (HLT) dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar dapat digunakan oleh mahasiswa/ guru sebagai pedoman untuk memprediksi dan menyiapkan desain alur pembelajaran yang sesuai dengan tahapan berpikir siswa dan diharapkan dapat memperbaiki hasil belajar siswa.
Kata Kunci: HLT; Matematika SD; Mahasiswa PGSD.
Referensi
Atsnan, M. F. (2016). Keterlaksanaan learning trajectory pada pembelajaran matematika. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 57-63
Arnellis, Suherman, & Amalita, N. (2019). Implementasi learning trajectory kalkulus berbasis realistic matetmatics education untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi siswa SMA kota Padang. Menara Ilmu , 13.
Creswell, J. W. (2012). Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran Edisi keempat. Pustaka Pelajar.
Freankel, J. R., Wallen, N. E., Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition. New York: McGrow-Hill Componies, Inc.
Fuadiah, N. F. (2017). Hypothetital Learnimg Trajectory Pada Pembelajaran Bilangan Negative Berdasarkan Teori Didaktis Di Sekolah Menengah. Junal Musharafa , 6(1), 13-24.
Hajriyanto, Muhammad Haris, Mega & Nani. 2024. Hypothetical Learning Trajectory (HLT) terhadap Kemampuan Literasi Numerasi pada Materi Lingkaran. PTK, Vol.4 No.2 Mei 2024 ISSN: 2747-1977 (Print) / 2747-1969 (Online) DOI: https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.400
Hidayati, I., Deciku, B., & Azizah, T. (2022). Hypothetical Learning Trajectory Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berbasis Realistic Mathematics Education. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(2), 109. https://doi.org/10.24014/juring.v5i2.14933
Kasri. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika melalui Media Puzzle Siswa Kelas I SD. Blitar. Jurnal Pendidikan Riset & Konseptual, 2 (3). 320- 325.
Marshall, C. & Rossman, G. B. (2016). Designing Qualitative Research. Sixth Edition. SAGE
Publication, Inc.
Putri, R. I. I. 2012. Pendisainan Hypotetical Learning Trajectory (HLT) Cerita Malin
Kundang Pada Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Fmipa UNY, 1 – 9.
Resky, R. (2019). Hypothetical learning trajectory (HLT) dalam perspektif psikologi belajar
matematika. Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan , 18(1), 762-769.
Simon, M. A. (1995). Mathematic Pedagogy From A Constructivist Perspective. Journal for
Research in Mathematics Education. Journal for Research in Mathematics Education, 26(2), 114-145.
Sugiyono 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surya, A. (2018). Learning trajectory pada pembelajaran matematika sekolah dasar (SD). Jurnal Pendidikan Ilmiah, 4(2), 22-26.
Suryadi, D. (2010). Didactical Design Research (DDR) dalam Pengembangan Pembelajaran
Matematika. Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional Pembelajaran. MIPA UM Malang, 13 November 2010.
Sztajn, P., Confrey, J., Wilson, P. H., & Edgington, C. (2012). Learning Trajectory Based
Instruction: Toward A Theory of Teaching. Educational Researcher , 41(5), 147-156.
Wijaya, A. F. C. 2015. Profil Kemampuan Analisis Respon Siswa melalui Hypothetical
Learning Trajectory (HLT) sebagai Instrumen Pembelajaran dalam Pengembangan Beragam Kemampuan Siswa. Prosiding SNIPS Institut Teknologi Bandung, 185 – 188