Analisis Hypothetical Learning Trajectory (HLT) Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SD Mahasiswa PGSD

Penulis

  • Rince S. M Benu Universitas San Pedro, Indonesia, Indonesia
  • Adam Bol Nifu Universitas Nusa Cendana, Indonesia, Indonesia
  • Sumardi W. Ndolu Universitas Nusa Cendana, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i3.3862

Abstrak

Salah satu kompetensi yang harus dicapai mahasiswa dalam mata kuliah Pembelajaran Matematika SD adalah kemampuan dalam merancang kegiatan pembelajaran matematika SD. Terdapat sebagian mahasiswa mengalami kesulitan dalam merancang kegiatan pembelajaran matematika.  Bentuk kesulitan yang dihadapi meliputi perumusan indikator dan perumusan tujuan pembelajaran sesuai dengan kompetensi dasar. Tujuan penelitian mengembangkan kemampuan mahasiswa PGSD dalam menyusun desain HLT pada materi matematika di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dan data yang diperoleh berupa portofolio desain HLT. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa dapat mendesain HLT pada kategori baik meliputi 3 aspek yakni goal math, student thinking & teacher support. Desain Hypothetical learning trajectory (HLT) dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar dapat digunakan oleh mahasiswa/ guru sebagai pedoman untuk memprediksi dan menyiapkan desain alur pembelajaran yang sesuai dengan tahapan berpikir siswa dan diharapkan dapat memperbaiki hasil belajar siswa.

Referensi

Arnellis, Suherman, & Amalita, N. 2019. Implementasi learning trajectory kalkulus berbasis realistic mathematics education untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi siswa SMA kota Padang. Menara Ilmu, 13.

Atsnan, M. F. 2016. Keterlaksanaan learning trajectory pada pembelajaran matematika. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 57-63

Benu, Rince. 2022. Analisis Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. ALPEN: Jurnal Pendidikan Dasar Volume 6, No. 1, Januari-Juni 2022, pISSN 2580-6890, eISSN 2580-9075.

Fuadiah, N. F. 2017. Hypothetical Learning Trajectory Pada Pembelajaran Bilangan Negatif Berdasarkan Teori Didaktis Di Sekolah Menengah. Jurnal Musharafa , 6(1), 13-24.

Hajriyanto, Muhammad Haris, Mega & Nani. 2024. Hypothetical Learning Trajectory (HLT) terhadap Kemampuan Literasi Numerasi pada Materi Lingkaran. PTK, Vol.4 No.2 Mei 2024 ISSN: 2747-1977 (Print) / 2747-1969 (Online) DOI: https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.400

Hendrik, Agnes Ivana, Ekowati & Samo. 2020. Kajian Hypothetical Learning Trajectories Dalam Pembelajaran Matematika Di Tingkat SMP. Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Volume 1, No. 1, November 2020, Hal. 1-1

Hidayati, I., Deciku, B., & Azizah, T. 2022. Hypothetical Learning Trajectory Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berbasis Realistic Mathematics Education. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(2), 109. https://doi.org/10.24014/juring.v5i2.14933

Kasri. 2018. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika melalui Media Puzzle Siswa Kelas I SD. Blitar. Jurnal Pendidikan Riset & Konseptual, 2 (3). 320- 325.

Marshall, C. & Rossman, G. B. (2016). Designing Qualitative Research. Sixth Edition. SAGE Publication, Inc.

Normasari, Shofa Julyta, dkk. 2024. Pengembangan Desain Hypothetical Learning Trajectory Matematika Realistik Menggunakan Media Karawitan Di Smp Negeri 1 Jabung. Jurnal MIPA dan Pembelajarannya, 4(5), 2024. doi: 10.17977/um067.v4.i5.2024.4

Resky, R. 2019. Hypothetical learning trajectory (HLT) dalam perspektif psikologi belajar matematika. Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan , 18(1), 762-769.

Simon, M. A. 1995. Mathematical Pedagogy From A Constructivist Perspective. Journal for Research in Mathematics Education. Journal for Research in Mathematics Education, 26(2), 114-145.

Sugiyono .2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surya, A. 2018. Learning trajectory pada pembelajaran matematika sekolah dasar (SD). Jurnal Pendidikan Ilmiah, 4(2), 22-26.

Wijaya, A. F. C. 2015. Profil Kemampuan Analisis Respon Siswa melalui Hypothetical Learning Trajectory (HLT) sebagai Instrumen Pembelajaran dalam Pengembangan Beragam Kemampuan Siswa. Prosiding SNIPS Institut Teknologi Bandung, 185 – 188

Zebua¸ Julilian &Sadiana Lase. 2023. Desain Pembelajaran Matematika Berbasis Hypothetical Learning Trajectory (Hlt) Di UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, Volume 6 No.3.

Diterbitkan

2024-09-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check