Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Example Non Example Siswa Kelas VII-J SMP Negeri 1 Rancaekek Tahun Pelajaran 2018-2019

Penulis

  • Yanti Riza Novianti SMP Negeri 1 Rancaekek, Kabupaten bandung, Provinsi jawa Barat., Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v4i2.1155

Kata Kunci:

The Example Non Example Learning Method, Social Lesson, The result and activity learning students.

Abstrak

The purpose of this research is knowing how to succes the example non example method can improve students result ability in Learning IPS. Second purpose is to get the evidence the example non example method can improve students lerarning result and students learning activity. Based on the question of this study is how to improve students learning result and students learning activity using the example and non example leraning method. This study has four stage, there are planning, implementing, acting, observating and reflecting. There are two cycle in this study. Based on the result of this study from the cycle one and two using the test showed the cycle one is 17 students from 36 students who get more than 70 score, it showed the study success is (51,42%) while in cycle two the student who get more than 70 score is 30 students, it showed the study success is (80,22%)

Biografi Penulis

Yanti Riza Novianti, SMP Negeri 1 Rancaekek, Kabupaten bandung, Provinsi jawa Barat.

Nama                                    : Hj. Yanti Riza Novianti,  M.Pd

Nip                                         : 196511091989032012

Unit Kerja                            :SMP Negeri 1 Rancaekek

Alamat Unit kerja             : Jl. Raya Majalaya - Rancaekek No.87, Rancaekek Wetan, Kec. Rancaekek, Bandung, Jawa Barat 40394

NO HP                                   : 081320020587

Referensi

Agus Suprijono. (2011). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aini Putri N, (2015) “Penerapan metode Examples Non Examples dan media visual pada mata pelajaran IPA pokok bahasan bentuk permukaan bumi siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Banin Walbanat Kedungsigit Karangan Trenggalek Tahun Pelajaran 2015-2016†Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung.

Ahmad Turmuzi. (2011). Permasalahan Pembelajaran IPS Terpadu. Diakses dari http://edukasi.kompasiana.com/2011/10/31/permasalahan-pembelajaran-ips-terpadu/pada tanggal 4 Juni 2012.

Anita Lie. (2004) Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang- ruang Kelas. rev.ed. Jakarta: PT Grasindo.

Daryanto. (2007). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hana Mauludea. (2016). “Efektivitas Penerapan Metode Time Token Arends dalam Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas X Administrasi.

Jati Mulyahadi. (2009). “Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Teknik Teams Games Tournaments (TGT) di SMP Negeri 1 Garut, Kabupaten Garutâ€. Skripsi. UPI.

Max Darsono, dkk. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Moleong, Lexy J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Novita, Ricca (2017) “Penerapan model cooperative learning tipe example non example untuk meningkatkan hasil belajar pada subtema keberagaman budaya bangsaku siswa kelas IV SDN Ciptawinaya kecamatan Baleendah kabupaten Bandung†Skripsi, Universitas Pasundan Bandung.

Oemar Hamalik. (2006). Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: CV Eka Jaya.

Perkantoran SMKN 1 Cianjur Tahun Ajaran 2016/2017â€. Skripsi. UNY.

Sapriya. (2011). Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumiati dan Asra. (2009). Metode Pembelajaran: Rumpun Pembelajaran Efektif. Bandung: Wacana Prima.

Suwarsih Madya. (2007). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Sinar Grafika.

Wina Sanjaya. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zainal Aqib. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

File Tambahan

Diterbitkan

2021-08-23

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check