Peningkatan Hasil Pembelajaran Matematika dengan Metode Penggunaan Media Bangun Ruang Datar pada Siswa Kelas V SDN No.15 Segedong Kabupaten Bengkayang
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i2.2058Kata Kunci:
Classroom action research, Cube volume, Learning, Spatial media.Abstrak
Referensi
Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. Jurnal Forum Pedagogik, VI (01), 72–89.
Arikunto, S., & Cepi Abdul Jabar, S. (2009). buku cepi - Copy.pdf.
Hendracipta, N., Syachruroji, A., & Hermawilda, H. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Yang Menggunakan Strategi Inkuiri Dengan Strategi Ekspositori. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3 (1), 33. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1137
Muhassanah, N., Sujadi, I., & Riyadi. (2014). Analisis Keterampilan Geometri Siswa Dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele. Jurnal Pembelajaran Matematika, 2 (1), 54–66. http://jurnal.fkip.uns.ac.id
Muhsetyo, G. (2010). Pembelajaran matematika berdasarkan KBK. Pembelajaran Matematika SD, 1–47.
Nur, M. (2004). Teori-teori perkembangan kognitif. (Ed. 2). Disadur dari Theories of Development: Educational Psychology Theory and Practice 1997. Surabaya: UNESA Pusat Sains dan Matematika.
Palguna, P. N. D., Garminah, N. N., & Sudana, D. N. (2015). Penerapan Metode Picture and Picture Berbantuan Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3 (1), 11–25.
Prihatiningsih, E., & Setyanigtyas, E. W. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Dan Model Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 1. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.1441
Primatasari, Zulfiani, & Herlanti. (2004). Jurnal Edusains. 6 (2), 71-72
Rahayu, S., & Hidayati, W. N. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Bangun Ruang Dan Bangun Datar Pada Siswa Kelas V Sdn Jomin Barat I Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 204. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3854
Rahmanelli. (2005). Skolar Jurnal Kependidikan. Vol 6. Nomor 2. 70-72. Padang: UNP
Sandi, Q., & Idris, M. (2014). Penerapan Alat Peraga Kubus Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sifat-Sifat Bangun Ruang Di Kelas IV. Kreatif Tadulako Online, 4(3), 1–15.
Sudjana & Rivai. (2006). Media Pengajaran. Jakarta: Sinar Baru.
Sudrajat. (2008). Peranan Matematika dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. The Power of Mathematics for All Applications, 1–12.
Triyuna, N. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Bangun Ruang pada Siswa Kelas V Di SDN. No. 025/XI Desa Gedang. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 18(2), 335. https://doi.org/10.33087/jiubj.v18i2.478
Yuliana, R., Cahyani, I., Sastromiharjo, Andoyo. (2015). Penerapan Strategi Partisipatif Melalui Media Gambar Denah dan Kartu Pancing Foto dalam Pembelajaran Pemahaman Konsep dan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.