Pengembangan Modul Ajar Berbasis STEM Untuk Mewujudkan Kreativitas Pada Siswa Fase B Sekolah Dasar

Penulis

  • Elsa Eri Asmara Universitas PGRI Semarang, Indonesia, Indonesia
  • Siti Patonah Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Sukamto Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i2.3577

Abstrak

Pendekatan STEM dalam pembelajaran dapat diterapkan dalam modul ajar yang nantinya akan diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. STEM melibatkan ilmu pengetahuan alam, teknik, teknologi, dan matematika sebagai acuan dasar dalam perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang menuntut siswa untuk berinovatif yang menuntut proses kreativitas dari siswa. Tujuan penelitian yaitu untuk menghasilkan modul ajar IPAS berbasis STEM pada siswa kelas IV di SDN Kalisidi 03 Kabupaten Semarang yang valid, praktis dan efektif untuk mewujudkan kreativitas siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) menggunakan pengembangan model ADDIE. Tempat penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Kalisidi 03 Kabupaten Semarang pada kelas IV. Validasi modul ajar setelah diolah menggunakan indeks aiken mendapatkan skor 0,96 % yaitu dengan kategori tinggi, efektif modul ajar mendapatkan skor pada pembelajaran 1 sebesar 72% dan pembelajaran 2 sebesar 91% dengan dinyatakan efektif dan kepraktisan 97% modul ajar mendapatkan skor dengan kategori sangat praktis. Sehingga peneliti berharap modul ajar IPAS yang dikembangkan ini dapat digunakan secara baik untuk pendidik di Indonesia

Biografi Penulis

Elsa Eri Asmara, Universitas PGRI Semarang, Indonesia

Dosen PGSD/FIP/Mahasiswa/Universitas PGRI Semarang

Siti Patonah, Universitas PGRI Semarang

Dosen PGSD Universitas PGRI Semarang

Sukamto, Universitas PGRI Semarang

Dosen PGSD Universitas PGRI Semarang

Referensi

Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Implementation of Kurikulum Merdeka in Elementary School. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67–75.

Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematic) Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 11–22. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p11-22

Firdaus, S., & Hamdu, G. (2020). Pengembangan mobile learning video pembelajaran berbasis STEM (Science, Technology, Engineering And Mathematics) di sekolah dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 66-75.

Kemendikbud Ristek. (2021). Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. Kajian Akademik, 130.

Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.

Nadhiroh, S. U. (2023). Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Matematika berdasarkan Aspek Munandar. Journal of Education and Teaching (JET), 4(1), 98-109.

Nurhayati, E., Rizaldi, D. R., & Fatimah, Z. (2020). The Correlation of Digital Literation and STEM Integration to Improve Indonesian Students' Skills in the 21st Century. Online Submission, 1(2), 73-80.

Nurjan, S. (2018). Pengembangan berpikir kreatif. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 3(1), 105-116.

Nurmala, S., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2021). Pengembangan media articulate storyline 3 pada pembelajaran IPA berbasis STEM untuk mengembangkan kreativitas siswa SD/MI. Jurnal Basicedu, 5(6), 5024-5034.

Oktapiani, N., & Hamdu, G. (2020). Desain Pembelajaran STEM berdasarkan Kemampuan 4C di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 99. https://doi.org/10.30659/pendas.7.2.99-108

Puspitasari, Q. D. dan A. W. (2021). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Kelas IV di SD Negeri Plebengan Bambanglipuro. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 1(1), 1–7. https://journal.actual-insight.com/index.php/pelita/article/view/105

Rahimah. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 10 Kota Tebingtinggi dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 6(1), 92–106.

Sari, K. P., Neviyarni, & Irdamurni. (2020). PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN KONSEP DIRI ANAK SD DEVELOPMENT OF CREATIVITY AND SELF-CONCEPT OF CHILDREN PENDAHULUAN Kreativitas merupakan suatu digali Seorang anak sebaiknya sejak dini Kreativitas dalam tuntutan pendidikan dan kehidupan yang penting pada. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VII (1), 44–50.

Sitepu, A. S. M. B. (2019). Pengembangan kreativitas siswa. Guepedia.

Subhan, M., Estuhono, E., & Yulia, R. (2023). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Pada Materi Gaya Di Sekitar Kita Kelas IV SDN 01 Koto Baru. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 11(2).

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216

Yuanita, Y., & Kurnia, F. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis stem (science, technology, engineering, and mathematics) materi kelistrikan untuk sekolah dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 6(2), 199-210.

Diterbitkan

2024-06-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check