Persepsi Mahasiswa PGSD Tentang Penggunaan Aplikasi Wordwall Dalam Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SD

Penulis

  • Rince S. M Benu Universitas San Pedro Kupang, Indonesia, Indonesia
  • Adam Bol Nifu Universitas Nusa Cendana, Indonesia
  • Dyen E. Lakapu STKIP Soe, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i2.3578

Abstrak

Persepsi tentang matematika itu sulit, membosankan dan tidak menarik dialami mahasiswa PGSD pada jenjang sebelumnya. Tentu hal ini memberi dampak yang negatif bagi mahasiswa PGSD dalam mengikuti mata kuliah pembelajaran matematika SD. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang penggunaan aplikasi wordwall dalam mata kuliah pembelajaran matematika SD. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif melalui kuesioner menggunakan google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki perspektif yang positif dalam mata kuliah pembelajaran matematika SD karena menggunakan wordwall. Hal ini terlihat pada presentasi sebanyak 94,00% mahasiswa mengungkapkan bahwa penggunaan aplikasi wordwall efektif dalam membuat games online pada mata kuliah pembelajaran matematika SD. Sebanyak 94% menyatakan bahwa desain template pada aplikasi word wall menarik perhatian mahasiswa dalam membuat games online pada mata kuliah pembelajaran matematika SD. Sebanyak 87,88% mengungkapkan bahwa penggunaan warna, font yang disediakan oleh aplikasi wordwall menarik perhatian dan 93,94 % menyatakan bahwa penggunaan aplikasi wordwall dapat meningkatkan motivasi dalam mata kuliah pembelajaran matematika SD.

Biografi Penulis

Rince S. M Benu, Universitas San Pedro Kupang, Indonesia

PGSD/FKIP/Universitas San Pedro Kupang, Indonesia

Referensi

Abdillah, Fikri & Moh. Balya Ali Syaban. 2023. Development Of Application-Based Word Wall Game Media On Natural Science Subjects For Elementary School Students. Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 9 No. 1, January 2023 DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v9i1.3786

Abidin, Z. & Wulandari, T.C. 2022. The Model of Analytical Geometry Interactive Module using Systematic, Active, Effective (SAE) Model to Support Students Autonomous Learning and Mathematics Educations Competence. Journal of Humanities and Social Sciences Research, 06(05): 76–80.

Agusti, Nurul Maulia & Aslam. 2022. Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Word Wall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU. Volume 6 Nomor 4, Halaman 5794 – 5800

Gandasari, P., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh Aplikasi Word Wall terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3689–3696. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.10799

Hae, Y., & Rezeki Patricia Tantu, Y. (2021). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Penerapan Media Pembelajaran Visual Dalam Membangun Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1177–1184. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i4.522

Hartati, Suci, Laila Fatmawati & Tri Krismilah. 2018. Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Game Edukatif Pada Pembelajaran Tematik Muatan Ipa Kelas V Sd Masjid Syuhada. Prosiding Pendidikan Profesi Guru. FKIP. Universitas Ahmad Dalang

Kasa, B., Taneo, S. P., Lehan, A. A. D., Bol, A., Benu, N., Bulu, V., Loko, L. E., & Nota, M. C. G. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran IPS Secara Daring ( Online ) di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. 1(2), 154–159

Madura, I. (2019). (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP ELSE (Elementary School Education Journal). 3, 98–110.

Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Word Wall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (5), 2854 – 2860.

One, O. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual Powtoon Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(3), 210239.

Sari, R. N., Nazmi, R., & Zulfa, Z. (2021). Pengaruh Game Word Wall Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas X Mipa Sma 2 Lubuk Basung. Puteri Hijau : Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(2), 76–83. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ph/article/view/28828

Sugiyono 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swari, N.K.T.A. 2023. Wordwall As A Learning Media To Increase Students' Reading Interest. JPBII, Vol. 11 No. 1 Maret 2023 p-ISSN: 2615-2800, e-ISSN: 2615-4404. DOI: 10.23887/jpbi.v11i1.1572

Wafiqni, N., & Putri, F. M. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Word Wall dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1. Elementar (Elementary of Tarbiyah): Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 68-83

Yunus, Muh. dkk. 2022. Perancangan Aplikasi Game Edukasi untuk Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. JUSIFOR: Jurnal Sistem Informasi dan Informatika Vol. 1, No. 2, December 2022, hal. 112~121 E-ISSN: 2830-2443 | P-ISSN: 2830-3393 DOI: 10.33379/jusifor.v1i2.1637

Diterbitkan

2024-06-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check