Pengaruh Komik Digital Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak di TKIT Wihdatul Ummah Makassar
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i2.3590Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran komik digital terhadap perkembangan bahasa ekspresif anak di TKIT Wihdatul Ummah Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TKIT Wihdatul Ummah Makassar sebanyak 52 anak. Teknik yang digunakan dalam penentuan sampel di sini adalah Systematic Sampling, sampel dalam penelitian ini terdiri dari 15 orang anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi/arsip laporan. Pengecekan keabsahan temuan dalam penelitian yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non-parametrik. Hasil analisis diperoleh data dari hasil pretest mendapatkan nilai rata-rata sebanyak 9,47, sedangkan dari hasil posttest mendapatkan nilai rata-rata sebanyak 17, hal ini menunjukkan bahwa terdapat perubahan yang signifikan pada perkembangan bahasa ekspresif anak sebelum dan sesudah diberikan media pembelajaran komik digital. Berdasarkan uji Wilcoxom Sign Rank Test diperoleh nilai Asymp Sig. (2- tailed) 0,001 < 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran komik digital terhadap perkembangan bahasa ekspresif anak di TKIT Wihdatul Ummah Makassar.
Referensi
Aggleton, J. (2019). Defining digital comics: a British Library perspective. Journal of Graphic Novels and Comics, 10(4), 393–409. https://doi.org/10.1080/21504857.2018.1503189
Baudry, J. (2018). Paradoxes of innovation in French digital comics. Comics Grid, 8(1), 1–24. https://doi.org/10.16995/cg.108
Damopolii, I., Lumembang, T., & İlhan, G. O. (2021). Digital Comics in Online Learning During COVID-19: Its Effect on Student Cognitive Learning Outcomes. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(19), 33–47. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i19.23395
Dzulfadhilah, F. (2023). Psikoedukasi Peran Orang Tua Dalam Mengawasi Penggunaan Gadget Anak Usia Dini Di Era Digital. 01(01), 6–13.
Fani Nurfalah, Siti Wulan Darnia, Widi Syawali, S. U. P. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Digital dalam Menstimulus Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. 2(2).
Habiddin, H., Ashar, M., Hamdan, A., & Nasir, K. R. (2022). Digital Comic Media for Teaching Secondary School Science. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16(3), 159–166. https://doi.org/10.3991/IJIM.V16I03.28967
Herman, H., & Rusmayadi, R. (2018). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Di Kelompok B2 Tk Aisyiyah Maccini Tengah. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(1), 35. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5430
Ida Rahmawati, Suci Utami Putri, F. D. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Komik Digital Interaktif pada Konsep Sains untuk Menstimulus Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. 2(1), 101–106.
Ilyas, S. N., & Asti, A. S. W. (2021). Aplikasi Montessori Inspired Activity dalam Pembelajaran Membaca Permulaan di TK Areta Amata School Makassar. Universitas Negeri Makassar, 1754–1766.
Kamilah, U., Rihlah, J., Fitriyah, F. K., & Syaikhon, M. (2020). Pengaruh Perilaku Kecanduan Gawai terhadap Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini. Child Education Journal, 2(2), 61–67. https://doi.org/10.33086/cej.v2i2.1685
Kaptiningrum, P. (2020). Analisis Tindak Tutur Lokusi, Ilokusi dan Perlokusi pada Whatsgroup Sivitas Akademika IBN Tegal. Lingua, 17(1), 95–127.
Kemendikbud. (2022). Capaian Pembelajaran Fase Fondasi. 1–38.
Lestari, A. F. (2020). Line Webtoon Sebagai Industri Komik Digital. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6, 134–148.
Priyoambodo, G. A. E., & Suminar, D. R. (2021). Hubungan Screen Time dan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini: A Literature Review. JURNAL SYNTAX IMPERATIF: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(5), 327. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i5.119
Rulyansah, A., Hidayat, M. T., Rihlah, J., Shari, D., & Mariati, P. (2023). Digital Play for Enhancing Language Learning in Early Grades. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 13(2), 182–190. https://doi.org/10.47750/pegegog.13.02.22
Salahuddin, Erifa Syahnaz, Vanie Wijaya, & Sri Wahyuni. (2020). Pengembangan Media Komik Digital Pada Pembelajaran Ips Siswa Sdn 02 Kelas Iii Kab. Sambas. Journal of Scientech Research and Development, 2(2), 061–070. https://doi.org/10.56670/jsrd.v2i2.15
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Sukrin, S. (2021). TAHAPAN KEMAMPUAN PENGEMBANGAN KOGNITIF BERBAHASA ANAK USIA DINI (4-5 TAHUN). EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1), 45–53. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v5i1.637
Telaumbanua, T. A., & Kurniawan, M. (2022). Strategi Guru Dalam Pengembangan Keterampilan Berbahasa Ekspresif Anak Usia 4-6 Tahun Di Paud Trust Hiliduruwa. 9–20.
Widiana, Y. W., Fahmi, A. I., & Belakang, A. L. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK 4-5 TAHUN MELALUI PERMAINAN ULAR NAGA DI PAUD. 4(2), 156–171.