Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus dengan Melipat Kertas Pada Kelompok B
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i2.3591Abstrak
Penelitian ini ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, subjek penelitian ini adalah 20 anak Kelompok B. Objek penelitian ini adalah keterampilan motorik halus dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Alat yang adalah lembar instrumen observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan yang diharapkan yaitu 95% dari 20 anak memiliki keterampilan motorik halus. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan ini dapat meningkatkan keterampilan motorik halus pada Kelompok B di TK Islam Al Azzam.
Referensi
Casanova, D., & Moreira, M. A. (2021). Impact of interactive learning environments on students' learning. Educación y Educadores, 24(1), 9-27. https://doi.org/10.5294/edu.2021.24.1.1
Damayanti A. ALini H, 2020. Meningkatkan Kemampuan Motorik halus anak 4-5 Tahun Melalui Permainan melipat Kertas Bekas, Jakarta, Yaa Bunayya
Dian Astuti, 2021. Meningkatkan Keterampilan Motorik halus Melalui kegiatan melipat kertas Pada Kelompok B4, Kebumen, Pendidikan.
Dwi Nomi Pura, dan Asnawati, 2019. Perkembangan Motorik halus anak Usia Dini Melalui Kolase media Serutan Pensil, Bengkulu, Jurnall Ilmialh Potensia.
Fuhs, M. W., Farran, D. C., & Nesbitt, K. T. (2015). Preschool Classroom Processes as Predictors of Children’s Cognitive Self-Regulation Skills Development. School Psychology Quarterly. 30(3), 327–345.
Gillies, R. M. (2015). Collaborative Learning: Developments in Research and Practice. Springer.e.
Jones, M., & Roberts, A. (2019). (n.d.). The impact of paper folding activities on hand-eye coordination and problem-solving skills in children. Journal of Educational Research. 112(3), 245-257.
Khadijah, dan Nurul Amelia, 2020. perkembangan Fisik Motorik anak Usia Dini, Jakarta Kencana
M. Syarif Sumantri, dkk 2020. Metode pengembangan Fisik, Benten. Universitas Terbuka Matrselina (2018), Penerapan Metode melipat Kertas (origami) Dalam pengembangan fisik motorik halus anak Kelompok A Di Tk Islam Terpadu kayuagung
Martínez, A., Pérez, L., & García, M. (n.d.). The psychological benefits of origami: Reducing stress and enhancing well-being. Journal of Positive Psychology.
Novi Mulyani,2019. Mengembangkan Kreativitas anak Usia Dini, Bandung, PT REMAJA R
Rusana Rudy Juli Saputra, 2020. Meningkatkan Keterampilan Motorik halus anak melalui kegiatan melipat Kertas Warna Pada Kelompok B Di TK Cut Meutia, Jeumpa, Kalb. Bireuen, Pendidikan
Smith, A., & Anderson, B. (2021). Origami in education: Enhancing mathematical understanding through paper folding. Educational Studies in Mathematics. 101(3), 375–389.
Supriyanto, D. (2015). Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak dan Pendidikan Keagamaan Orangtua. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 2(2), 66-75.
Yan Yan Nurjani, Endah Jubaedah, Sri Nurjayati, dan Siti ALiyah, 2019. Upaya Mengembangkan Motorik halus anak Usia Dini Melalui kegiatan Menggunting, Garut, S.P.O.R.T.
Yang, D., Wang, L., & Chen, X. (2019). Application of origami principles in engineering: Designing flexible and strong materials. Journal of Mechanical Engineering. 145(6), 601-613.
Yuliani Nuraini Sujiono, dkk, 2020. Metode pengembangan Kognitif, Benten, Universitas Terbuka