MENANGANI KESULITAN BELAJAR MENULIS (DISGRAFIA) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU EJAAN (SPELLING CARD)

Penulis

  • Aprilia Nur Widyanti Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i3.3616

Kata Kunci:

Kesulitan belajar, Disgrafia, Media Kartu Ejaan

Abstrak

Abstrak

Kesulitan belajar adalah suatu kondisi yang dialami peserta didik dalam pembelajaran yang ditandai dengan hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai hasil belajar yang diharapkan. Dalam proses pembelajaran baik guru maupun peserta didik, pasti mengharapkan agar mencapai tujuan pembelajaran dan hasil belajar yang maksimal. Dalam kenyataan, harapan itu tidak selalu terwujud, masih banyak peserta didik yang tidak mencapai hasil belajar sesuai yang diharapkan. Penyebab kesulitan belajar yang dialami peserta didik bisa berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Hal ini menjadi tantangan yang selalu dihadapi oleh guru. Guru berperan membantu memecahkan masalah kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik. Salah satu kesulitan belajar yang sering dialami murid yaitu kesulitan belajar menulis (disgrafia). Kajian literatur ini bertujuan untuk membantu guru dalam memahami dan membantu peserta didik yang mengalami kesulitan belajar menulis (disgrafia). Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan cara mengkaji artikel yang relevan dengan rentang waktu publikasi 10 tahun terakhir. Untuk menangani kesulitan belajar menulis (disgrafia) guru dapat menggunakan media Kartu Ejaan (Spelling Card). Penggunaan media Kartu Ejaan (Spelling Card) harus dilakukan secara berkelanjutan dan berulang untuk dapat menangani kesulitan belajar menulis (disgrafia) dengan optimal.

Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Disgrafia, Media Kartu Ejaan

Referensi

Annisa, Dwi Novitasari (2023).Penerapan Bimbingan Belajar Dengan Teknik Pengajaran Remedial Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Disgrafia (Studi Kasus Pada Siswa Di MTS Negeri 1 Lampung Utara). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Azzahra, S., & Siti, I. (2019).Solusi Menangani Kesulitan Menulis (Disgrafia) Dengan Menggunakan Kartu Ejaan dan Speecnotes. Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia IKIP, 2, 1-10.

Della Paramita, L., & Nurfadhillah, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Anak Disgrafia pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV Sdn Karang Tengah 5 Kota Tangerang. Berajah Journal, 2(1), 133-138.https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.66

Fuadah, S., Rini, S. ., & kusumawati, erna R. (2023). Analisis Gangguan Menulis (Disgrafia) Pada Anak Dengan Perspektif Psikolinguistik. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(3), 1709-1715. Retrieved from https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/1150

Ginting, R. L., Hawa, A. D., Sinaga, C. A., Delima, D., Lubis, F. Z. S., Unanta, F. A. D., Gultom, F., Sarah, S., Cahya, S. R., & Ardiva, T. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menulis Pada Anak Disgrafia Dengan Terapi Okupasi. Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 261–268. https://doi.org/10.572349/cendikia.v1i2.254

Gunarti, T. T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Maharah Istima’ Pada Siswa-Siswi Madrasah Ibtidaiyah. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 122 - 129. https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v3i2.598

Harits Ikhsandi, M. R., Adi Putra, M. J., & Alexander Alim, J. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Berkebutuhan Khusus dengan Kesulitan Belajar Menulis (Disgrafia) pada Siswa Kelas III SDN 030 Bagan Jaya. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 9296–9302. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i6.7517

Nurfadhillah, S., Kamilah, N., Faizah, A. N., Lestari, D. R., Lestari, B., Nugrahanti, I., Rahmawati, N., & Fatimah, R. S. N. (2021). Analisis Pembelajaran bagi Siswa Disleksia dan Disgrafia di SDN Pegadungan 11 Pagi. YASIN, 1(2), 169-177. https://doi.org/10.58578/yasin.v1i2.123

Ontario Rusmono, D. (2019). Penanganan Bagi Siswa Dengan Learning Disability Yang Dapat Dilakukan Oleh Orang Tua Dan Guru: LITERATURE REVIEW Danny Ontario Rusmono. JKKP: Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan, 6 (02), 133–140.

Salsabiella, D., Sa’adah, K., Fitri, N. H., & Lesmana, G. (2024). Peranan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan, 8(1), 137-160. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/aliman/article/view/7511

Setyawan, A., Novitri, Q. A., Pratiwi, S. R. E., Walidain, M. B., & Anam, M. A. K. (2020). Kesulitan Belajar Peserta didik di Sekolah Dasar (SD). Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).

Siregar, A. R. F., & Wandini, R. R. (2024). Solusi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika di SD/MI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 3600-3605.

Suhartono, S. (2016). Pembelajaran menulis untuk anak disgrafia di sekolah dasar. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 12(1), 107-120.

Wiasmirah, W. Best Practice Accompanying Children With Learning Difficulties In Elementary School. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 3, No. 3, pp. 2227 2231).DOI: https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.57113

Zahra, Z., Suharyanto, S., Hidayat, R., Purwanto, H., & Muhaimin, M. F. (2023). Edukasi Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SD Negeri Sukaasih 01 Bagi Orang Tua. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 320-328.DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i2.15932

Diterbitkan

2024-09-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check