Pengembangan Bahan Ajar Digital E-Book Asik Nian (Alat Musik Tradisional Indonesia) Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i3.3628Kata Kunci:
E-Book, Alat Musik TradisionalAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar digital e-book materi Keragaman Budaya Indonesia pada pembelajaran IPAS kelas IV SD yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan menggunakan model ADDIE (analyse, design, development, implementation, evaluation). Hasil analisis data menunjukkan bahwa e-book yang dikembangkan termasuk kategori “sangat valid” berdasarkan lembar angket validasi para ahli (ahli materi, ahli media, dan ahli Bahasa) dengan nilai kevalidan 88,5%. E-book yang dikembangkan juga termasuk dalam kategori “sangat praktis” berdasarkan hasil angket respon peserta didik dengan rata-rata sebesar 90,4% serta hasil uji coba kepraktisan dengan mengisi lembar posttest dengan rata-rata sebesar 87,25%. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa produk e-book dapat digunakan pada materi keragaman budaya Indonesia pada pembelajaran IPAS kelas IV SD.
Referensi
Afifah, S. M., Setyaningrum, A., & Mughni, R. M. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Untuk mata
pelajaran IPAS. Semarang: Cahya Ghani Recovery.
Ahmadi, F., & Ibda, H. (2019). Konsep dan Aplikasi Literasi Baru Di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society
0 . Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Anggun, D. P., Leni, L. A., Samiha, Y. T., Habisukan, H. H., Wigati, I., & Hapidah, Y. (2020). Studi Tentang
Pengembangan Bahan Ajar E-Book. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 33-40.
Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evakuasi Pendidikan edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai
Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, Uninssula. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 71-90.
Aziz, I. (2023). Ensiklopedia Alat Musik Daerah Sulawesi. Yogyakarta: Pustaka Referensi.
Basmin, D. (2022). Media Pembelajaran Game Edukasi Mengenal Alat Musik Tradisional Indonesia Di SDN
Turungan Datu . Jurnal Ilmiah Information Technologhy d'Computare, 19-24.
Christofara, K. (2023). Ensiklopedia Alat Musik Daerah Kalimantan. Yogyakarta: Pustaka Referensi.
Faisal, M., Hotimah, Nurhaedah, Nurfaizah, A., & Khoirunnisa. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru
Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Bahan Ajar . Jurnal Publikasi Pendidikan, 266-270.
Francisca. (2022). Pengembangan E-book BUDIMAS Buku Digital Agama Islam untuk Pembelajaran PAI .
Jurnal Basicedu, 5268-5277.
Khuluq, A. (2016). Alat Musik Tradisional Nusantara. Surabaya: JPBOOKS.
Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kurniawan, C., & Kuswandi, D. (2021). Pengembangan E-Modul Sebagai Media Literasi Digital Pada
Pembelajaran Abad 21. Lamongan: Academia Publication.
Likert, R. (1932). New Patterns of Management. McGraw-Hill Book Company.
Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan
Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 170-187.
Masrifa, A., Munirah, S., Cahyani, A. R., & Fauziyah, D. H. (2023). Media Interaktif Pembelajaran IPAS.
Semarang: Cahya Ghani Recovery.
Nuridayanti, Muryaningsih, S., Badriyah, Solisaa, E. M., & Mere, K. (2023). Peran Teknologi Pendidikan
dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jote: Journal On Teacher Education, 88-93.
Nurjamilah, E., Rustini, T., & Herlambang, Y. T. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Book
Keragaman Rumah Adat Di Indonesia Pembelajaran IPS Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1047-1056.
Putrislia, N. A., & Airlanda, G. S. (2021). Pengembangan E-Book Cerita Bergambar Proses Terjadinya
Hujan untuk Meningkatkan . Jurnal Basicedu, 2036-2044.
Romansyah, K. (2016). Pedoman Pemilihan dan Penyajian Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan
Sastra Indonesia. Jurnal Logika, 59-66.
Sari, N. K., Wiarta, I. W., & Wulandari, I. G. (2022). Bahan Ajar Digital Interaktif Berbasis Problem Based
Learning Materi Keragaman Budaya. Jurnal Penelitian dan Pengembangan, 127-136.
Selegi, S. F., Syaflin, S. L., & Pakpahan, P. I. (2022). Pengembangan E-Modul berbasis Flipbook Materi
Bumi dan Alam Semesta Pada pembelajaran IPA Kelas VI SDN Sukakrya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 440-453.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susilawati, S. A., Musiyam, M., & Wardana, Z. A. (2021). Pengantar Pengembangan Bahan dan Media Ajar.
Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Sutanto, S., Koto, I., & Winarni, E. W. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Discovery
Learning Dengan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Kapedas, 183-184.
Wangi, Y. P. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Edutainment Untuk Meningktakan Minat
Belajar IPAS Siswa Kelas V SD Negeri 67 Palembang. JEMS: Jurnal edukasi Matematika dan Sains, 1-11.
Wibisari, G. Z., & Mulyani, P. K. (2023). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis E-Book Sebagai Media
Pembelajaran Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 519.
Wijayanti, I. D., & Ekantini. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS MI/SD.
Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar , 2100-2112.
Wisnawa, K. (2020). Seni Musik Tradsi Nusantara. Bali: Nilacakra.
Wulandari, I., & Oktaviani, N. M. (2021). Validitas Bahan Ajar Kurikulum Pembelajaran Untuk Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 90-98.
Yuliana, Fatimah, S., & Barlian, I. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digita Interaktif Dengan Pendekatan
Kontekstual Pada Mata Kuliah Teori Ekonomi Mikro. Jurnal Profit: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 36-46.
Yuliana, Fatimah, S., & Barlian, i. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL INTERAKTIF
DENGAN . Jurnal Profit: kajian , 36-46.