Pengembangan Bahan Ajar Digital E-Book Asik Nian Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SD

Penulis

  • Henny Risnawaty Putri Universitas PGRI Palembang, Indonesia, Indonesia
  • M Taheri Akhbar Universitas PGRI Palembang, Indonesia, Indonesia
  • Susanti Faipri Selegi Universitas PGRI Palembang, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i3.3628

Kata Kunci:

E-Book, Alat Musik Tradisional

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar digital ebook materi Keragaman Budaya Indonesia pada pembelajaran IPAS kelas IV SD yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan menggunakan model ADDIE (analyse, design, development, implementation, evaluation). Hasil analisis data menunjukkan bahwa ebook yang dikembangkan termasuk kategori “sangat valid” berdasarkan lembar angket validasi para ahli (ahli materi, ahli media, dan ahli Bahasa) dengan nilai kevalidan 88,5%. ebook yang dikembangkan juga termasuk dalam kategori “sangat praktis” berdasarkan hasil angket respon peserta didik dengan rata-rata sebesar 90,4% serta hasil uji coba kepraktisan dengan mengisi lembar posttest dengan rata-rata sebesar 87,25%. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa produk e-book dapat digunakan pada materi keragaman budaya Indonesia pada pembelajaran IPAS kelas IV SD.

Referensi

Ahmadi, F., & Ibda, H. (2019). Konsep dan Aplikasi Literasi Baru Di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Anggun, D. P., Leni, L. A., Samiha, Y. T., Habisukan, H. H., Wigati, I., & Hapidah, Y. (2020). Studi Tentang Pengembangan Bahan Ajar E-Book. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 33-40.

Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara.

Christofara, K. (2023). Ensiklopedia Alat Musik Daerah Kalimantan. Yogyakarta: Pustaka Referensi.

Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kurniawan, C., & Kuswandi, D. (2021). Pengembangan E-Modul Sebagai Media Literasi Digital Pada Pembelajaran Abad 21. Lamongan: Academia Publication.

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 170-187.

Masrifa, A., Munirah, S., Cahyani, A. R., & Fauziyah, D. H. (2023). Media Interaktif Pembelajaran IPAS. Semarang: Cahya Ghani Recovery.

Nuridayanti, Muryaningsih, S., Badriyah, Solisaa, E. M., & Mere, K. (2023). Peran Teknologi Pendidikan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jote: Journal On Teacher Education, 88-93.

Selegi, S. F., Syaflin, S. L., & Pakpahan, P. I. (2022). Pengembangan E-Modul berbasis Flipbook Materi Bumi dan Alam Semesta Pada pembelajaran IPA Kelas VI SDN Sukakarya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 440-453.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susilawati, S. A., Musiyam, M., & Wardana, Z. A. (2021). Pengantar Pengembangan Bahan dan Media Ajar. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Sutanto, S., Koto, I., & Winarni, E. W. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Discovery Learning Dengan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Kapedas, 183-184.

Wibisari, G. Z., & Mulyani, P. K. (2023). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis E-Book Sebagai Media Pembelajaran Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 519.

Wisnawa, K. (2020). Seni Musik Tradsi Nusantara. Bali: Nilacakra.

Diterbitkan

2024-09-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check