Penerapan Take and Give untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i3.3778Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kerjasama siswa kelas V UPTD SD Negeri 145 Barru. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V sebanyak 20 siswa yang terdiri dari 8 laki-laki dan 12 perempuan. Data diperoleh melalui teknik observasi dan dokumentasi, kemudian teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan data hasil penelitian dari siklus I diperoleh data bahwa aktivitas guru berada pada kategori cukup (C), aktivitas siswa berada pada kategori cukup (C), dan kerjasama siswa berada pada kategori cukup (C). Hasil pembelajaran siklus II menunjukkan bahwa aktivitas guru berada pada kategori baik(B), aktivitas siswa berada pada kategori baik (B), dan kerjasama siswa berada pada kategori sangat baik . Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Take and Give dapat meningkatkan kerjasama dalam proses pembelajaran siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V UPTD SD Negeri 145 Barru.
Referensi
Fadli, Muhammad Rijal. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Jurnal Humanika, 21(1)
Jusrianti, Yulia, & Ilmi, N. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Preview , Question , Read , Reflect , Recite , Review ( PQ4R ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal Of Education, 1(1), 1–14
Maisarah. (2020). PTK dan Manfaat Bagi Guru. CV. Media Sains Indonesia Santy, Raeni Dwi. (2022). Pembelajaran Profesionalisme dalam Tim Kerja Bagi Peserta Didik Pondok Pesantren Rojaul Huda Darun Nasya Lembang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 14
Maryam, St. , Nur Ilmi, Nur Rahmah. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 7(3)
Millah, A. S., Apriyani, Arobiah, D., Febriani, E. S., & R. E. (2023). Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2).
Octavia, Shilphy A. (2020). “Model-Model Pembelajaran”. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penerbit DEEPUBLISH.
Sari, Nurmala, Rizky Ananda, & Moh Fauziddin. (2022). Meningkatkan Ketrampilan Kerjasama Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teams Ganes Tournament (TGT) Siswa Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Vol. 6, No. 4
Shahira, Nur. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Take and Give Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN 003 Uwai Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Skripsi. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Sahria S, A Marlina, D Darwis, Ahmad Yani. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Take And Give Untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Biologi. BIOSEL (Biology Science and Education): Jurnal Penelitian Science dan Pendidikan.Vol. 10, No.2
Syachruroji, Ahmad, Siti Rokmanah, & Susan Nurwidianing. (2022). Analisis Kurangnya Pemahaman Siswa Kelas 5 di SDN Lontar Baru pada Materi Perkalian Pecahan dengan Model Take and Give. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 8(2)
Trisnani, N. (2022). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar: Antara Kepercayaan Vs Realita. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, Vol 6(1)