Penerapan Metode Pendekatan Berdiferensiasi Menggunakan Aplikasi Kahoot pada Mata Pelajaran IPAS

Penulis

  • Wisnu Cahya Mukti Universitas PGRI Semarang, Indonesia, Indonesia
  • Choirul Huda Universitas PGRI Semarang, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i3.3833

Abstrak

Pendidikan saat ini harus menghadapi tantangan besar dalam menyajikan materi yang relevan dan menarik bagi siswa dengan latar belakang serta kebutuhan yang beragam. Metode pendekatan berdiferensiasi adalah strategi pengajaran yang menyesuaikan pengalaman belajar untuk memenuhi kebutuhan unik setiap siswa. Kahoot adalah platform interaktif yang mendukung pendekatan berdiferensiasi dengan menyediakan alat yang memungkinkan guru untuk menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan adaptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan metode pendekatan berdiferensiasi dengan menggunakan Kahoot dalam mata pelajaran IPAS terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 28 siswa kelas 4 SD Palebon 01. Hasil menunjukkan bahwa mayoritas siswa menunjukkan motivasi yang tinggi hingga sangat tinggi setelah mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan Kahoot. Hanya sebagian kecil yang memiliki motivasi rendah, dan tidak ada siswa yang masuk dalam kategori motivasi sangat rendah. Hasil belajar siswa secara keseluruhan sangat positif, dengan semua siswa berada pada kategori Baik atau Sangat Baik

Referensi

Almujab, S. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi: Pendekatan Efektif Dalam Menjawab Kebutuhan Diversitas Siswa. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi & Ilmu Ekonomi, 8(1), 2284–2549.

Azahrah, F. R., Afrinaldi, R., & Fahrudin. (2021). Keterlaksanaan Pembelajaran Bola Voli Secara Daring Pada SMA Kelas X Se- Kecamatan Majalaya. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(4), 531–538. Retrieved from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/23921

Azhar, M., & Wahyudi, H. (2024). Motivasi Belajar: Kunci Pengembangan Karakter dan Keterampilan Siswa. Uluwwul Himmah Educational Research Journal, 1(1), 1–15.

Azmi, C. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Tema Perkembangan Teknologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 8(1), 263–284.

Dewimarni, S., Ulhusna, M., & Marhayati, L. (2022). Penerapan Aplikasi Kahoot pada Mata Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa Di Kelas VII SMP Negeri 38 Padang. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(8), 1935–1940.

Dhera, M. M., Ti’a, E., Lawe, Y. U., & Sego, M. I. S. (2024). Analisis Kebutuhan Siswa serta Kesiapan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Berdiferensiasi dalam Pembelajaran pada Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 9.

Dzarna, D., Laeli, A. F., & Eurika, N. (2024). Pemetaan Kegiatan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas Oleh Guru SMA. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 5(3), 2944–2951.

Hadi, D., Sari, D. M., Priyantoro, D. E., Latifah, N., & Ilham, I. (2023). Meningkatkan religiusitas siswa sekolah menengah pertama melalui aplikasi Kahoot dalam pembelajaran bahasa Inggris. Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 433–442. CV. Creative Tugu Pena.

Husaeni, A. F., Juliejantiningsih, Y., & Hidayat, R. (2023). Survei Tingkat Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMK. Educatio, 18(1), 102–109.

Inayah, N., Triana, L., & Retnoningrum, D. (2023). Pendekatan culturally responsive teaching menggunakan media game Kahoot pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Literasi Dan Pedagogi (Srada) (pp. 24–31). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.

Krulatz, A., & Christison, M. (2023). Multilingual Approach to Diversity in Education (MADE): A Methodology for Linguistically and Culturally Diverse Classrooms. Palgrave Macmillan.

Mukromin, A. M., Kusumaningsih, W., & Suherni, S. (2024). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Kemampuan Kolaboratif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1485–1499.

Rukmana, R., Wakhyudin, H., Nuruliarsih, N., & Azizah, M. (2024). Memperkuat Literasi Teknologi melalui Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Media Kahoot di Kelas V Sekolah Dasar. Madaniya, 5(3), 790–796.

Saleh, F. I. S., Faradita, M. N., & Martati, B. (2024). Analisis Penerapan Aplikasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Di Jenjang SD dalam Mata Pelajaran IPAS. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 5595–5609.

Sari, R. K., & Nurani, S. (2021). Quizizz Atau Kahoot, Gamifikasi Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 1(3), 78–86.

Tika, C. D. S. (2023). Analisis Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Media Pembelajaran Kahoot Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas 4 Di SD Negeri 1 Moyoketen Tulungagung. Jotika Journal in Education, 3(1), 1–15.

Wahyudi, S. A., Siddik, M., & Suhartini, E. (2023). Analisis Pembelajaran IPAS dengan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(4), 1105–1113.

Waruwu, E. W., & Bilo, D. T. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar: Strategi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pendidikan Agama Kristen. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama dan Filsafat, 2(2), 254–268.

Zulkarnain, M. A. R., Azzahra, S. A., & Anbiya, B. F. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dan Implikasinya Untuk Menciptakan Pembelajaran Yang Inklusi Di Setiap Jenjang Pendidikan. Jurnal Cerdik: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 3(1).

Diterbitkan

2024-09-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check