MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN POWTOON

Authors

  • Agus Sudarman Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Retno Marsitin Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Trija Fayeldi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v5i2.1097

Keywords:

Media Pembelajaran Matematika, Powtoon Hasil, Belajar

Abstract

Penelitian bermaksud untuk mengembangkan suatu media pembelajaran matematika dengan powtoon dalam meningkatkan hasil belajar  yang valid, layak, dan efektif. Pengembangan penelitian tersebut menerapkan metode Thiagarajan dengan model 4D (define, design, development, serta dissemination). Pelaksanaan penelitian berlokasi di SMK Cendikia Madinah Dampit Kabupaten Malang pada kelas XII Teknik Komputer dan Jaringan sebagai subjek uji kelompok kecil sebanyak 6 orang peserta didik serta pada kelas XII Multimedia sebagai subjek uji coba kelompok besar yang berjumlah 17 peserta didik. Teknik analisis pada data dilakukan dengan cara teknik menganalisis deskriptif kuantitatif serta kualitatif. Keberhasilan penelitian menampakkan tingkat kevalidan mendapat 83,33% ahli media, 70% ahli materi serta 81,66% ahli pembelajaran. Persentase tersebut menunjukkan bahwa media valid diterapkan pada proses belajar mengajar. Tingkat kelayakan mendapatkan 74,58% uji kelompok kecil serta 85,31% pengujian pada kelompok besar. Keberhasilan angket menunjukkan kategori layak dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar. Tingkat keefektifan mendapat 64,16% pengujian pada kelompok kecil serta 85,17% pengujian pada kelompok besar dengan dikategorikan efektif dimanfaatkan pada proses belajar. Berdasarkan hasil pengembangan penelitian tersebut ditarik simpulan yakni media pembelajaran matematika menggunakan powtoon dapat dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar dikarenakan mencapai kategori valid, layak serta efektif.

References

Aditya, P. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web pada Materi Lingkaran Bagi Peserta Didik Kelas VIII. Jurnal Matematika Statistika & Komputasi , 15 (1), 64-74.

Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman Di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi , 1 (1), 19-23.

Andrianti, Y., Susanti, R., & Hudaidah. (2016). Pengembangan Media Powtoon Berbasis Audio Visual Pada Pembelajaran Sejarah. Jurnal Criksetra , 5 (9), 58-68.

Anjarsari, E., Ferisdianto, D. D., & Asadullah, A. W. (2020). Pengembangan Media Audiovisual Powtoon pada Pembelajaran Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika , 5 (2), 40-50.

Basriyah, K., & Sulisworo, D. (2018). Pengembangan Video Animasi Berbasis Powtoon Untuk Model Pembelajaran Flipeed Classroom Pada Materi Termodinamika. Seminar Nasional Edusaintek , 152-156.

Ernawati, I., & Sukardiyono, T. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Adminitrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) , 2 (2), 205-210.

Johari, A., Hasan, S., & Rakhman, M. (2014). Penerapan Media Video Dan Animasi Pada Materi Memvakum Dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Of Mechanical Engineering Education , 1 (1), 8-15.

Juliana, Erviyenni, & Rini. (2011). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon Pada Pokok Bahasan Struktur Atom Di Kelas X SMA/Sederajat. Jurnal Pendidikan Kimia , 2 (2), 1-10.

Karina, D., Yulita, I., & Ramdhani, E. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Kimia (ULTAKIM) Berbasis Kemaritiman Pada Materi Hakikat Ilmu Kimia. Jurnal Zarah , 7 (1), 13-16.

Korniawati, A., Kusumo, E., & Susilaningsih, E. (2016). Validitas Chemistry Handout Sebagai Inivasi Bahan Ajar Stoikiometri Berstrategi PBS Bervisi Sets. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia , 10 (1), 1629-1640.

Marsitin, R. (2017). Koneksi Matematis dan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Matematika dengan Teori APOS. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam , 5 (1), 87-100.

Muna, H., Nizaruddin, & Yanuar Murtianto Hery. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Macromedia Flash 8 Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Program Linier Kelas XI. Aksioma , 8 (2), 9-18.

Musanna, Al. (2017). Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan , 2 (1), 117-133.

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan , 1 (1), 24-44.

Osin, A. E., Sesanti, N. R., & Marsitin, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning pada Materi Aritmetika Sosial. Seminar Nasional FST 2019, Universitas Kanjuruhan Malang , 2, 8-18.

Pangestu, M. D., & Wafa, A. A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Powtoon Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Kebijakan Moneter Untuk Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Singosari. Jurnal Pendidikan Ekonomi , 11 (1), 71-79.

Sukiyasa, K., & Sukoco. (2013). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi , 3 (1), 126-137.

Suryandari, Sunarno, W., & Suparmi. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Video Dokumenter Berbasis Inkuiri Terbimbing Berorientasi Pada Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri , 5 (1), 85-94.

Downloads

Published

2021-10-01

Issue

Section

Articles