PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH ANALISIS REAL

Darma Ekawati, Karmila Karmila

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Cokroaminoto Palopo Untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa pada Mata Kuliah Analisis Real dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya. Penelitian ini adalah merupakan penelitian pre-eksperiman yang bertujuan untuk : (1) mengetahui hasil belajar mahasiswa pada matakuliah analisis real sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya; (2) mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah analisis real setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes essai. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Cokroaminoto Palopo Tahun Akademik 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar mahasiswa pada matakuliah analisis real sebelum di ajar menggunakan pembelajaran kooperatif dengan totur sebaya berada pada kategori rendah dengan nilai rata-rata 57.66; (2) hasil belajar mahasiswa pada matakuliah analisis real setelah diajar  menggunakan pembelajaran kooperatif dengan totur sebaya berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 78,875; (3) hasil belajar matematika mahasiswa pada matakuliah analisis real mengalami peningkatan setelah diajar dengan model pembelajaran kooperatif tutor sebaya; (4) peningkatan hasil belajar matematika mahasiswa pada matakuliah analisis real dihitung dengan rumus gain ternormalisasi sebesar 0.514 atau berada pada kategori sedang.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A dan Widodo S. (2013). Psikologi Belajar Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S.B. dan Aswan Z. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrahman, Pupuh dan Sobry Sutikno. (2007), Strategi Belajar Mengajar, Bandung: PT. Refika Aditama.

Mulyadi. (2008). Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan terhadap Kesulitan Belajar Khusus, Malang: Nuha Litera

Nurkancana. (2011). Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran. Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Siberman, Mel. (2007). Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. (Terjemahan dari Active Learning: 101 Strategies to Teach Any Subject). Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta

Sukardi. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suprijono, Agus.(2010). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka




DOI: http://dx.doi.org/10.31100/histogram.v1i1.15

Article metrics

Abstract views : 579 | views : 272


Copyright (c) 2017 HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika

 
 
 
 
 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats