Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Matematika

Authors

  • Serly Anggristia Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dian Devita Yohanie Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Aprilia Dwi Handayani Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v6i1.1538

Keywords:

Modul Pembelajaran, Hasil Belajar, Motivasi Siswa

Abstract

Tujuan dari penelitian eksperimen ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas X AKL SMK PGRI 2 Kediri. Metode yang digunakan adalah quasi experimental design dengan desain penelitian nonequivalent control grup design. Sampel penelitian ini sebanyak 30 siswa. Kelompok eksperimen adalah 15 siswa X AKL 2 dan 15 siswa kelas X AKL 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar dan angket motivasi belajar. Analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji saphiro wilk, uji homogenitas dengan uji-F, dan uji hipotesis dengan uji-t independent. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modul pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X AKL SMK PGRI 2 Kediri. Hasil uji-t dengan taraf signifikan  diperoleh . Rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen adalah 72,67 sedangkan kelompok kontrol adalah 60. Hasil pengukuran motivasi belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dari motivasi belajar kelompok kontrol.

References

Ahmadi, & Rokhman, M. S. (2018). Efektifitas Modul Program Linear dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. TEOREMA : Teori dan Riset Matematika, 2(2), 129–136.

BAPM. (2008). Instrumen Penelitian.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Dewi, D. A. N. N. (2018). Modul Uji Validitas dan Reliabilitas. Retrieved October 19, 2021, from https://www.researchgate.net/publication/328600462_Modul_Uji_Validitas_dan_Reliabilitas

Diana, M., Netriwati, & Suri, F. I. (2018). Modul Pembelajaran Matematika Bernuansa Islami dengan Pendekatan Inkuiri, 1(1), 7–13.

Fauji, A. (n.d.). Shapiro Wilk Uji Normalitas SPSS 24. Retrieved October 19, 2021, from https://www.academia.edu/40629746/SAPHIRO_WILK_UJI_NORMALITAS_SPSS_24

Hambali, S. (2019). Uji Homogenitas (Kesamaan Dua Varians). Retrieved October 19, 2021, from https://www.researchgate.net/publication/333078687_UJI_HOMOGENITAS_KESAMAAN_DUA_VARIANS

Hartini, T. S., & Warmi, A. (2019). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Di SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 640–646.

Haryanti, F., & Saputro, B. A. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Discovery Learning Berbantu Flipbook Maker untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep pada Materi Segitiga. Jurnal Pendidikan Matematika, I(2), 147–161.

Heruman. (2007). Metode Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Iriyani, W. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Model Kooperatif Tipe Group Investigation Keas IV SD Negeri 1 Muntilan Tahun Ajaran 2015/2016. Thihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 3(2), 93–98.

Jatmiko. (2015). Eksperimen Model Pembelajaran Think-Pair-Share dengan Modul (TPS-M) terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Minat Belajar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(2), 417–426.

NCTM. (2000). Principles and Standards for school Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics.

Nurftriyanti, M., & Lestari, W. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar MAtematika Ditinjau dari Motivasi Belajar. JKPM, 01(01), 121–135.

Nurmalia, A., & Herlina, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mach a Match untuk Meningkatkn Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi. Aksiomatik, 7(1), 70–78.

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.

Nuryana, & Aprismayanti, E. (2006). Pengaruh Penggunaan Modul terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII SMP Negeri 8 Kota Cirebon.

Oktava, M. A. (2018). Motivasi Belajar Matematika pada Siswa SMP Kelas VIII.

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25.

Rahmah, D. L. (n.d.). Uji Homogenitas. Retrieved October 19, 2021, from https://www.academia.edu/24737407/UJI_HOMOGENITAS

Ripli, M. (2015). Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Melalui Aplikasi Modul Pelatihan Dorongan Diri. Jurnal Educatio, 10(2), 353–364.

Saifiyah, S., Ferdianto, F., & Setiyani. (2017). Desain Modul Pembelajaran Berbasis Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 177–192.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sesfaot, L., Bien, Y. I., & M.Abi, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 454–460.

Sudjana, N. (2000). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido.

Sugiyono. (2019a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Sutopo, Ed.). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019b). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, H. (2015). Statistika. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Warti, E. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 177–185.

Yunikasari, D. (2014). Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching pada Siswa Kelas V SDN 2 Sumberagung Jetis, Bantul.

Zaharah, & Susilowati, A. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Modul Elektronik di Era Revolusi Industri 4.0. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 145–158.

Downloads

Additional Files

Published

2022-06-02

Issue

Section

Articles