EFEKTIVITAS PEMBERIAN TES FORMATIF DENGAN UMPAN BALIK TERHADAP HASIL BELAJAR STATISTIK DESKRIPTIF MAHASISWA PRODI STUDI EKONOMI SYARIAH STAIN WATAMPONE

Authors

  • Rahma Hidayati Darwis

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v1i1.22

Keywords:

(Efektifitas, Tes Formatif, Umpan Balik)

Abstract

ABSTAK: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen melibatkan dua perlakuan yaitu pemberian tes formatif dengan umpan balik dan pemberian tes formatif tanpa umpan balik, dengan satu variabel yaitu hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai perbedaan hasil belajar mahasiswa yang diajar dengan pemberian tes formatif dengan umpan balik dengan hasil belajar mahasiswa yang diberi tes formatif tanpa umpan balik pada mahasiswa program studi Ekonomi Syariah. Populasi adalah seluruh mahasiswa prodi ekonomi syariah yang memprogramkan mata kuliah statistik deskriptif dan secara acak sederhana terpilih 2 kelompok. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis infrensial. Hasil analisis statistik deskriptif diperoleh skor rata-rata berada pada kategori tinggi untuk kelompok yang diberi tes formatif dengan Umpan Balik dan rata-rata untuk kelompok yang diberi tes formatif tanpa Umpan Balik berada pada kategori rendah. Hasil ini memberikan gambaran bahwa hasil belajar statistik deskriptif mahasiswa yang diberi tes formatif dengan umpan balik lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diberi tes formatif tanpa umpan balik. Hasil analisis inferensial dengan statistik uji-t disimpulkan bahwa tingkat hasil belajar staistik deskriptif mahasiswa yang diberi tes formatif dengan umpan balik berbeda signifikan dengan hasil belajar statistik deskriptif mahasiswa yang diberi tes formatif tanpa umpan balik.

References

Abdulrahman, Mulyono, 2003. â€Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar“. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharmi, 2006. “Prosedur Penelitian ". Edisi Revisi. Jakarta. Rineka Cipta.

Andrew,horrison,1983.â€A language testing “.hand book.m.chillan :publishers.

Azwar, Saifuddin, 1996. “Test Prestasiâ€. Yogjakarta: pustaka pelajar.

Dewi, Kusuma. 2008. “Efektivitas Model Pembelajaran Statistik deskriptif Realistikâ€. Mahasiswa Angkatan 2004 Jurusan Pendidikan Statistik deskriptif STKIP-YPUPâ€. Skripsi STKIP-YPUP: (tidak diterbitkan)

Djaali, 1991. “Pedoman Praktis Penelitian dan Penulisan Karya Tulisâ€. IKIP Ujung Pandang.

Frans 2004.â€Meningkatkan hasil belajar statistik deskriptif melalui pemberian kuis dengan umpan balikâ€.Skipsi STKIP YPUP.

Hudoyono, Herman, 1990. “Strategis Belajar Mengajar Statistik deskriptifâ€. IKIP Malang.

Loekmono, Lobby, 1994.â€Belajar Bagaimana Belajarâ€. Salah Tiga Gunung Mulia.

Nurkancana, Wayan, 1986. “Evaluasi Pendidikanâ€. Surabaya : Usaha Nasional.

Rahmad 2002. “Efektifitas Pemberian Tugas Formatif dengan Umpan Balik Terhadap Prestasi Belajar Statistik deskriptifâ€. Skripsi FPMIPA IKIP Ujung Pandang.

Richar c.Anderson,dkk,1973. â€Education psychologyâ€. london:harper and row publishers.

Sardiman A.M 1988. “Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajarâ€. Jakarta : Rineka Cipta.

Silverius, Suke, 1991. “Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balikâ€. Jakarta : Gramedia.

Suryatna, 2002. “Hubungan Tes Formatif Terhadap Hasil Nilai Sumatif Siswaâ€. Skripsi FPMIPA IKIP Ujung Pandang.

Suherman, dkk, 2003. “Strategi Pembelajaran Statistik deskriptifâ€. Edisi Revisi. Bandung : JLCA.

Slameto, 1995. “Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinyaâ€. Jakarta : Edisi Revisi, Rineka Cipta.

Slameto, 1999. “Evaluasi Pendidikanâ€. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Thoha, Chalib, 1990. “Teknik Evaluasi Pendidikanâ€. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2017-10-07

Issue

Section

Articles