EFEKTIVITAS PENDEKATAN ETNOMATIKA BERBASIS BUDAYA LOKAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v2i2.235

Keywords:

Pendekatan Etnomatika, Budaya Lokal

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas pendekatan Etnomatika Berbasis Budaya Lokal dalam pembelajaran Matematika. Instrumen dalam penelitian ini Tes Hasil Belajar, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar angket respon siswa untuk melihat bagaimana pendapat siswa mengenai RPP dengan pendekatan Etnomatika berbasis budaya lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Hasil uji coba perangkat pembelajaran diperoleh skor rata-rata dari perolehan siswa pada Tes Hasil Belajar adalah 82,39 dari skor ideal 100, dari 23 siswa, 20 siswa yang mendapat nilai diatas nilai KKM = 75 (b) Aktivitas siswa dalam kelas telah diamati oleh seorang observer, dengan kategori aktivitas siswa yaitu 84,12%, (c) Respon siswa dengan jumlah siswa 23 memberikan respon positif RPP berada diatas 75%, yaitu 91,95%. Semua indikator berada pada kategori “Baikâ€, oleh karena itu, perangkat pembelajaran memenuhi syarat “Efektifâ€.

References

Gintings, A. (2010). Esensi Praktis belajar dan Pembelajaran, Humaniora, Bandung.

Romadoni, A, N. (2017). Aspek-aspek Etnomatika Pada Budaya Masyarakat Banjar Dan Penggunaan Aspek-Aspek Tersebut Untuk Pengembangan Paket Pembelajaran Matematika. Tesis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Cahyono, A, D, & Daryanto. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Herry. (2011). Pengertian Matematika Sekolah. Jakarta: P4TK.

Kamaruddin , R. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Materi Geometri Berdasarkan Teori Belajar Van Hiele Berbasis Karakter untuk Siswa Kelas VII SMP. Tesis. Tidak Dipublikasikan. Makassar. PPs UNM Makassar.

Marini, F. (2010). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kuantum di Kelas VIII SMP, Jurnal Pendidikan Matematika vol.4 no.1: 2.

Sirate, F. (2012). Implementasi Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Lentera Pendidikan. Vol. 15 No.1: 43.

Yusuf, M, W. (2010). Ethnomathematics (a Mathematical Game in Hausa Culture). International Journal of Mathematical Science Education Technomathematics Research foundation. http://www.tmrfindia.org/sutra/v3i16.pdf.

Downloads

Published

2018-10-07

Issue

Section

Articles