HAMBATAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI HIMPUNAN DI MASA PANDEMI

Authors

  • Eko Agustiawan Universitas Islam Malang
  • Surya Sari Faradiba Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i1.2468

Keywords:

Hambatan belajar, Himpunan, Pandemi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini sebanyak 2 mahasiswa yang berasal dari 1 mahasiswa kepulauan dan 1 mahasiswa daratan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hambatan belajar yang dialami mahasiswa pada materi himpunan dengan pembelajaran daring baik yang berasal dari kepulauan maupun dari daratan. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) mahasiswa mengalami hambatan internal kemampuan matematika seperti memahami soal, mentransformasi soal dan menyelesaikan soal himpunan, 2) mahasiswa mengalami hambatan internal psikologis seperti capek, bosan, tidak fokus dan segera berakhirnya pembelajaran, dan 3) mahasiswa mengalami hambatan eksternal seperti ketersediaan sinyal dan kualitas jaringan internet dalam pembelajaran online. Tidak ada perbedaan yang signifikan antara mahasiswa dari kepulauan dan dari daratan dalam menerima pembelajaran online yang dipengaruhi oleh adanya beberapa hambatan yang dapat mempengaruhi capaian hasil pembelajaran.

References

Vicente Vicente, F. J. (2015). Maths: from distance to e-learning. International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence, 3(4), 5. https://doi.org/10.9781/ijimai.2015.341

Andriani, L. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Meyelesaikan Soal Himpunan di Program Studi Pendidikan Matematika UIN SUSKA RIAU. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 550–562. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.146

Arfany, F. P., & Faradiba, S. S. (2022). Karakterisasi Kesalahan Konsep Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Relasi dan Fungsi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(03), 3044–3058.

Elraiss, Y. A. (2020). The Reality of Using E-learning Strategies to Improving the Learning of Mathematics for Undergraduate Students. International Journal of Higher Education, 10(3), 75. https://doi.org/10.5430/ijhe.v10n3p75

Fauziah, U. (2017). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas X SMA Datuk Ribandang Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., Paujiah, E., Pai, J., Gunung, S., & Bandung, D. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi. 2020.

Kadarisma, G., Senjayawati, E., & Amelia, R. (2019). Pedagogical Content Knowledge Pre-Service Mathematics Teacher. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012068

Maskar, S., & Anderha, R. R. (2019). Pembelajaran transformasi geometri dengan pendekatan motif kain tapis lampung. MATHEMA Journal Pendidikan Matematika, 1(1), 40–47.

Mawardi, M. S., & Faradiba, S. S. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Numerasi pada Asesmen Nasional 2021. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 272–285. https://doi.org/10.31100/histogram.v6i2.1830

Mustofa, B., Mardiyana, & Slamet, I. (2020). An analysis of problem solving ability in linear equation systems with two variables. Journal of Physics: Conference Series, 1538(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1538/1/012099

Nurlaily, V. A., Soegiyanto, H., & Usodo, B. (2019). Elementary school teacher’s obstacles in the implementation of problem-based learning model in mathematics learning. Journal on Mathematics Education, 10(2), 229–238. https://doi.org/10.22342/jme.10.2.5386.229-238

Rahayu, L. S. (2019). Sosial Budaya Suku Bajo di Pulau Sapeken Kecamatan Sapeken Kabupaten Sumenep Tahun 2010-2018. Digital Repository Universitas Jember, September 2019, 2019–2022.

Ratnasari, J. R., & Setiawan, Y. E. (2022). Literasi Numerasi Siswa dalam Pemecahan Masalah Segiempat dan Trapesium. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2533–2544.

Ratnasari, S., & Setiawan, W. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Himpunan. Journal On Education, 01(02), 473–479.

Downloads

Published

2023-03-31

Issue

Section

Articles