PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN LOGARITMA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

Authors

  • Dyah Permata Tadulako University
  • Muh. Hasbi Tadulako University
  • Sudarman Bennu Tadulako University
  • Rita Lefrida Tadulako University

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i1.2557

Keywords:

Profil, Pemahaman Konsep, Persamaan Logaritma, Kemampuan Matematika

Abstract

Pemahaman konsep siswa perlu untuk diprofilkan agar guru dapat mengetahui gambaran dari pemahaman konsep matematika yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi atau gambaran mengenai pemahaman konsep siswa kelas X MAN 2 Kota Palu dalam menyelesaikan persamaan logaritma ditinjau dari kemampuan matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpul melalui tugas tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan pemahaman konsep KT dalam menyatakan ulang konsep persamaan logaritma yaitu numerus dan basis yang memuat variabel dengan basis bisa tidak memuat variabel, mengidentifikasi contoh yaitu numerusnya yang memiliki variabel dan bukan contoh yaitu numerus tidak memuat variabel, mengklasifikasi objek-objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsep yaitu basis > 0 dan ≠ 1, sifat penjumlahan logaritma dan alog a = 1, serta menyelesaikannya secara algoritma; Pemahaman konsep KS dalam menyatakan ulang konsep yaitu basis dan numerusnya memuat variabel, mengidentifikasi contoh yaitu numerusnya memuat variabel dan bukan contoh yaitu numerus tidak memuat variabel, mengklasifikasi objek-objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsep yaitu alog a = 1 namun tidak menyelesaikannya secara algoritma; Pemahaman konsep KR dalam mengidentifikasi contoh persamaan logaritma yaitu numerus dan basis yang terdapat variabel.

Students' understanding of concepts needs to be profiled so that teachers can know the picture of the understanding of mathematical concepts that students have. This study aims to obtain a description or description of the understanding of the concepts of class X MAN 2 Palu City students in solving logarithmic equations in terms of mathematical ability. This type of research is descriptive research with a qualitative approach. Data is collected through written assignments and interviews. The results of this study show the understanding of the KT concept in restating the concept of logarithmic equations, namely numerus and bases that contain variables on the basis that they cannot contain variables, identifying examples, namely numerus that has variables and not examples, namely numerus does not contain variables, classifying objects according to certain properties according to the concept, namely bases > 0 and ≠ 1, logarithmic summation properties and alog a = 1,  as well as solving it algorithmically; Understanding the concept of KS in restating the concept, namely the base and numerus contain variables, identifying examples, namely numerus contains variables and not examples, namely numerus does not contain variables, classifies objects according to certain properties according to the concept of alog a = 1 but does not solve it algorithmically; Understanding the concept of KR in identifying examples of logarithmic equations, namely numerus and the basis on which there are variables.

References

Aprilia, E., Triyanto, & Indriati, D. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Logaritma Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 401–407.

Fitriani, M., Murdiana, I. N., & Rochaminah, S. (2021). Profil Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Palu dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Teorema Pythagoras Ditinjau dari Kemampuan. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, Vol. 8 No., 420–434.

Julaeha, S., & Fathani, A. H. (2020). Profil Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Kemampuan Matematika 1,2,3. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 800–810.

Khairani, B. P., Maimunnah, & Roza, Y. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA/MA pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1578–1587.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook (H. Salmon (ed.); 3rd ed.). SAGE Publications.

Nurani, M., Riyadi, R., & Subanti, S. (2021). Profil Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Self Efficacy. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 284. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3388

Safitri, A. (2017). Profil Pemahaman Siswa Mengenai Konsep Grafik Fungsi Kuadrat Berdasarkan Teori APOS Ditinjau dari Kemampuan Matematika. MATHunesa, 6(2), 1–8.

Sutisna, E. (2020). Modul Matematika Peminatan Kelas X KD 3.1 (Fungsi Eksponen dan Fungsi Logaritma). Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.

Downloads

Published

2023-03-31

Issue

Section

Articles