KESALAHAN SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SPLDV

Authors

  • Anisa Kharimatul Fatonah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sri Rejeki Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i1.2575

Keywords:

analisis kesalahan, Newman, SPLDV, gender

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi SPLDV berdasarkan perbedaan gender dengan teori Newman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Siswa kelas VIII di sebuah SMP di Surakarta tahun ajaran 2022/2023 menjadi subjek dalam penelitian ini. Analisis secara mendalam dilakukan pada tiga siswa laki-laki dan tiga siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dalam tiga tahap yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, siswa laki-laki lebih banyak melakukan kesalahan daripada siswa perempuan. Mayoritas siswa laki-laki melakukan kesalahan keterampilan proses dan penulisan jawaban dengan rata-rata persentase sebesar 44,44% dan 47,22%, sedangkan mayoritas siswa perempuan melakukan kesalahan keterampilan proses dan penulisan jawaban dengan rata-rata persentase masing-masing sebesar 25%. Pada siswa laki-laki, kesalahan keterampilan proses dilakukan dalam bentuk ketidaksempurnaan dalam melakukan tahapan operasi hitung hingga selesai. Sementara itu, siswa perempuan tidak dapat melakukan komputasi secara menyeluruh. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat membantu guru mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dan menjadi acuan pemilihan metode pembelajaran yang tepat.

References

Agustiani, N. (2021). Analyzing students’ errors in solving sequence and series application problems using Newman procedure. International Journal on Emerging Mathematics Education, 5(1), 23. https://doi.org/10.12928/ijeme.v5i1.17377

Alhassora, N. S. A., Abu, M. S., & Abdullah, H. (2017). Newman error analysis on evaluating and creating thinking skills. Man In India, 19(97), 413–427.

Arianti, S. E. Y. (2020). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 1, 11–25.

Damayanti, N. W., & Mayangsari, S. N. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam pemahaman konsep operasi hitung pada pecahan. Edutic - Scientific Journal of Informatics Education, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.21107/edutic.v4i1.3389

Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601

Dj Pomalato, S. W., Ili, L., Ningsi, B. A., Fadhilaturrahmi, Hasibuan, A. T., & Primayana, K. H. (2020). Student error analysis in solving mathematical problems. Universal Journal of Educational Research, 8(11), 5183–5187. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081118

Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110

Farida, N. (2015). Analisis kesalahan siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Aksioma, 4(2), 32.

Hanipa, A., Tryana, V., Sari, A., Terusan, J., & Sudirman, J. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel pada siswa kelas VIII MTs di Kabupaten Bandung Barat. Journal On Education, 01(02), 15–22.

Hervé, J., Mani, S., Behrman, J. R., Nandi, A., Lamkang, A. S., & Laxminarayan, R. (2022). Gender gaps in cognitive and noncognitive skills among adolescents in India. Journal of Economic Behavior and Organization, 193, 66–97. https://doi.org/10.1016/j.jebo.2021.11.011

Jumiati, Y., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(1), 11–18. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p11-18

Kusumawati, D., & Yuliani, A. (2021). Analisis Kesalahan dalam Menjawab Soal Materi Segiempat dan Segitiga Pada Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Teori Newman Bagi Siswa Smp Kelas VIII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1279–1290. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1279-1290

Lestiana, H. T., Rejeki, S., & Setyawan, F. (2017). Identifying students’ errors on fractions. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 1(2), 131–139. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v1i2.3396

Luthfiani, U., & Kartini. (2022). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Materi Lingkaran Berdasarkan Tahap Newman. Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 223. https://doi.org/10.31100/histogram.v6i2.2167

Maryanto, N. R., & Siswanto, R. D. (2021). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari gaya kognitif dan gender. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.24176/anargya.v4i1.6171

Murtiyasa, B., Rejeki, S., & Ishartono, N. (2020). Profile of students’ error in solving mathematics word problems based on PISA frameworks. Proceedings of the SEMANTIK Conference of Mathematics Education (SEMANTIK 2019) Profile, 467(Semantik 2019), 135–137. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.131

Nuraini, & Kartini. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Segiempat dan Segitiga. Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 455–463. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.3.455-463

Priliawati, E., Slamet, I., & Sujadi, I. (2019). Analysis of junior high school students’ errors in solving HOTS geometry problems based on Newman’s error analysis. Journal of Physics: Conference Series, 1321(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/3/032131

Raharti, A. D., & Yunianta, T. N. H. (2020). Identifikasi kesalahan matematika siswa SMP berdasarkan tahapan Kastolan. Journal of Honai Math, 3(1), 77–100. https://doi.org/10.30862/jhm.v3i1.114

Santoso, D. A., Farid, A., & Ulum, B. (2017). Error analysis of students working about word problem of linear program with NEA Procedure. Journal of Physics: Conference Series, 855(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/855/1/012043

Savitri, D. A., & Yuliani, A. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan trigonometri ditinjau dari gender berdasarkan Newman. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 41(2), 84–93. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.463-474

Sulistyaningsih, A., & Rakhmawati, E. (2017). Analisis kesalahan siswa menurut kastalon dalam pemecahan masalah matematika. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2017, 123–130.

Sutama, Hidayanti, Y. M., & Novitasari, M. (2022). Metode penelitian pendidikan. Muhammadiyah University Press.

White, A. L. (2005). Active mathematics in classrooms: finding out why children make mistakes – and then doing something to help them. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 15(4), 15–19. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.472.9065&rep=rep1&type=pdf

White, A. L. (2010). Numeracy, literacy and Newman’s error analysis. Allan Leslie White Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 33(2), 129–148.

Downloads

Additional Files

Published

2023-03-31

Issue

Section

Articles