PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN STATSITIS MAHASISWA

Authors

  • Afifah Latip Rasyid Jauhari Universitas Pendidikan Indonesia Universitas Pasundan
  • Tatang Herman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dadang Juandi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i1.2593

Keywords:

Kemandirian Belajar, Penalaran Statistis, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan penalaran mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa di salah satu perguruan tinggi swasta di kota bandung yang mengambil mata kuliah statsitika sosial dengan dipilih 1 kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas A mahasiswa semester tiga. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan tes yang berbentuk uraian soal mengenai kemampuan penalaran statistis, dan non tes yang berbentuk angket kemandirian belajar, serta wawancara yang dilakukan secara online. Kemudian, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh persamaan regresi yaitu Y = 7,50 + 0,35X dengan koefisien determinasi sebesar 79%. Maka, kemandirian belajar memiliki pengaruh yang positif terhadap variabel kemampuan penalaran statistis mahasiswa sebesar 79%, dan 21% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Selanjutnya, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05, maka ð»0 ditolak. Dengan demikian, dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap kemampuan penalaran statistis mahasiswa.

References

Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus, R. (2020). Pengaruh Kemampuan Penalaran, Efikasi Diri dan Kemampuan Memecahkan Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 44–60. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2827

Amaliah, R. (2016). Hasil belajar biologi materi sistem gerak dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange (RTE) pada siswa kelas XI SMAN 4 Bantimurung. Jurnal Dinamika, 8(1), 11–17. Retrieved from http://journal.uncp.ac.id/index.php/dinamika/article/view/650

Anggita, S. (2019). Deskripsi Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Negeri 1 Kersana dalam Menyelesaikan Masalah Open Ended Ditinjau dari Self Regulated Learning (Thesis (Bachelor), Universitas Muhammadiyah Purwokerto). Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Purwokerto. Retrieved from https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/9358

Ardhiyanti, E., Sutriyono, S., & Pratama, F. W. (2019). Deskripsi Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 90–103. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.82

Cahya, I. M., Effendi, K. N. S., & Roesdiana, L. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 62–70. https://doi.org/10.24176/anargya.v4i1.6080

Cahya, I., & Warmi, A. (2019). Analisis Tingkat Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Sesiomadika, 2(1c), 602–609. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2656

Dahlan, J. A. (2004). Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Menengah Lanjutan Tingkat Pertama Melalui Pendekatan Pembelajaran Open-Ended (Disertasi ). PPS UPI, Bandung.

DelMas, R. C. (2002). Statistical Literacy, Reasoning, and Learning: A Commentary. Journal of Statistics Education, 10(3). https://doi.org/10.1080/10691898.2002.11910679

Effendi, K. N. S., & Aini, I. N. (2018). Pelatihan Penyusunan Lembar Kerja Siswa (LKS) Bagi Guru Matematika SMP di Telukjambe, Karawang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 45–52. https://doi.org/10.30653/002.201831.38

Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Smp Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Journal On Education, 1(2), 288–296. https://doi.org/10.31331/medivesvetera n.v3i1.646

Garfield, J., & Ben-Zvi, D. (2005). a Framework for Teaching and Assessing Reasoning About Variability. Statistics Education Research Journal, 4(1), 92–99. https://doi.org/10.52041/serj.v4i1.527

Kesumawati, N., Retta, A. M., & Sari, N. (2017). Pengantar statistika penelitian. Depok: Rajawali Pers.

Marfuati, R., & Suharto, T. N. E. D. (2019). Hubungan Konsep Diri Dan Persepsi Pola Asuh Authoritative Dengan Kemandirian Belajar Pada Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 5(1), 167–174. https://doi.org/10.30738/keluarga.v5i1.4039

Martadiputra, B. A. P. (2010). Kajian Tentang Kemampuan Melek Statistis (Statistical Literacy), Penalaran Statistical (Statistical Reasoning), dan Berpikir Statistis (Statistical Thinking) Guru SMP/SMA. Kemampuan Melek Statistik, Penalaran Statistik, Dan Berpikir Statistik, 251(83), 1–7.

Munasiah, M. (2016). Pengaruh Kecemasan Belajar dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa terhadap Kemampuan Penalaran Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3). https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.649

Nuridawani, N., Munzir, S., & Saiman, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Jurnal Didaktik Matematika, 2(2), 59–71.

Pintrich, P. R., & Zusho, A. (2002). The development of academic self-regulation: The role of cognitive and motivational factors. Development of Achievement Motivation, 1446(2), 249–284. https://doi.org/10.1016/b978-012750053-9/50003-6

Zimmerman, B. J. (2000). Self-Efficacy: An Essential Motive to Learn. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 82–91. https://doi.org/10.1006/ceps.1999.1016

Downloads

Published

2023-03-31

Issue

Section

Articles