PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KECEMASAN DAN KEMAMPUAN PEMODELAN MATEMATIKA

Authors

  • Reppy Erpina Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Ely Susanty Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Cecil Hiltrimartin Universitas Sriwijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v1i2.26

Keywords:

kecemasan, pembelajaran berbasis masalah, pemodelan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh PBM terhadap kecemasan dan kemampuan pemodelan matematika serta untuk mengetahui hubungan antara kecemasan dan kemampuan pemodelan matematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan angket kecemasan.Tes yang digunakan adalah soal uraian, sedangkan angket kecemasan matematika terdiri dari pernyataan-pernyataan  mengenai segala hal yang berhubungan dengan pembelajaran matematika. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan    uji-t, gain kemampuan pemodelan matematika siswa yang memperoleh Pembelajaran Berbasis Masalah lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan model Konvensional. Dari hasil angket yang diberikan, didapat bahwa gain kecemasan matematika siswa yang memperoleh Pembelajaran Berbasis Masalah tidak lebih rendah daripada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan model Konvensional. Sedangkan berdasarkan analisis data dengan uji korelasi product moment, bahwa tidak ada hubungan antara kecemasan dan kemampuan pemodelan matematika siswa.

References

Ang,K.C.(2006).Teaching and Learning Mathematical modelling with Technology. National Institute of Education Nanyang Technological University 1, Nanyang Walk, Singapore. 637616.

Novriansyah,T. (2012). Pengaruh Pembelajaran Berbasis masalah terhadap Kemampuan Pemodelan matematika di Kelas VII SMP Negeri 18 palembang. Skripsi . Inderalaya : FKIP Unsri.

Peker, M. (2009). Pre-Service Teachers’ Teaching Anxiety about Mathematics and Their Learning Styles. Eurasia Journal of Mathematics, Science, & Technology Eductaion. 5 (4), 335-345.

Pradeep,R. (2011). A Study of Mathematics Anxiety Amongst Primary Pre-service Teachers enrolled in a Dutch Teacher Training Program. Tesis. Universiteit Van Amsterdam.

Rusman.(2013). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Rusmono & Yusro,M. (2009). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Kecemasan Terhadap Hasil Belajar Matematika. Seminar Internasional, ISSN 1907-2066. Peran LPTK Dalam Pengembangan Pendidikan Vokasi di Indonesia

Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

The Condition of Education.(2003). U.S. Department of Education Institute of Education ciences NCES 2003–067.

Wahyudin. (2010). Monograf: Kecemasan Matematika. Bandung: Program Studi Pendidikan Matematika SPS UPI.

Yosef,L.G. Mimpi Buruk + Ketegangan = Belajar Matematika. http://www.kabarindonesia.com. Diakses pada tanggal 25 Januari 2016.

Yuliani,R.(2007). Peran Teori Belajar dalam Pembelajaran Matematika. Wawasan Kependidikan, Vol:2, 88-98.FKIP UMP.

Zakaria, E., & Nordin, N. M. (2008). The Effects of Mathematics Anxiety on Matriculation Student as Related to Motivation and Achievement. Eurasia Journal of Mathematics, Science, & Technology Eductaion. 4 (1), 27-30.

Downloads

Published

2018-02-08

Issue

Section

Articles

Citation Check