KAJIAN ETNOMATEMATIKA DALAM TARI TRADISIONAL LAMPUNG

Authors

  • Rahmat Andri Setiawan
  • Haninda Bharata

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i1.2682

Keywords:

Ethnomatematics, Dance, Traditional

Abstract

ABSTRAK

Etnomatematika dianalogikan sebagai lensa untuk memandang dan memahami matematika sebagai sutau hasil budaya. Lampung merupakan salah satu provinsi yang terletak di pulau Sumatera yang memiliki corak kebudayaan tersendiri. Bentuk- bentuk kebudayaan itu tentu terkandung konsep matematika yang mendasarinya, termasuk tari tradisonal Lampung sigeh penguten. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian mengenai etnomatematika dalam gerakan tari sigeh penguten. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian deskiptif kualitatif dengan menggunaka etnografi sebagai metode penelitian. Teknik pemilihan subjek menggunakan purpose sampling. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari instrumen utama yaitu peneliti sendiri dan instrumen bantu berupa pedoman wawancara, lembar observasi, dan alat dokumentasi.Pengujian kevalidan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat konsep matematika dalam gerakan tari tradisional Lampung sigeh penguten. Etnomatematika yang dimaksud dalam gerakan tari tersebut meliputi aktivitas menghitung, aktivitas mengukur, dan pola geometri.

 

ABSTRACT

Ethnomatematics is analogous as a lens for viewing and understanding mathematics as a cultural product. Lampung is a province located on the island of Sumatra which has its own cultural style. Of course, these cultural forms contain mathematical concepts that underlie them, including the traditional Sigeh Penguten Lampung dance. Therefore this study aims to conduct a study of ethnomathematics in the Sigeh Penguten dance movement. This research belongs to the type of qualitative descriptive research using ethnography as a research method. The subject selection technique uses purposive sampling. The instruments in this study consisted of the main instrument, namely the researcher himself and auxiliary instruments in the form of interview guides, observation sheets, and documentation tools. Testing the validity of the data in the study used technical triangulation. The results of the study show that there is a mathematical concept in the movements of the sigeh penguten Lampung traditional dance. The ethnomathematics referred to in the dance movement includes counting activities, measuring activities, and geometric patterns.

References

Amsari, Uli. 2015. Makna Simbolik Tari Sigeh Penguten Lampung. PhD Thesis, Universitas Negeri Semarang.

Arisetyawan, A., Suryadi, D., Herman, T., Rahmat, C., dan No, J. D. S. 2014. “Study of Ethnomathematics: A

lesson from the Baduy Cultureâ€. International Journal of Education and Research, Vol. 2 (10), pp: 681-688.

Rahmadiana, N. S. 2017. Nilai Etika Dan Estetika Tari Ratoeh Jaroe pada Masyarakat Aceh di Kota Langsa (Doctoral dissertation, UNIMED).

Rakhmawati, R. 2016. Aktivitas Matematika Berbasis Budaya Pada Masyarakat Lampung.†Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika 7(2): 221–230.

Rohayati, S., Karno, K., dan Chomariyah, W. I. 2017. Identifikasi Etnomatematika pada Masjid Agung di Yogyakarta.

Rosa, M. dan Orey, D. C. 2011. “Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematicsâ€. Revista

Latinoamericana de Etnomatemática, Vol. 4 (2). pp: 32-54.

Supriadi, Arisetyawan, A., dan Tiurlina. 2016. Mengintegrasikan Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Banten Pada Pendirian Sd Laboratorium Upi Kampus Serang. Mimbar Sekolah Dasar 3(1): 1–18.

Tamur, M. 2012. Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Etnomatematika Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Mahasiswa PGSD: Mengintegrasikan Tarian Caci Ke Dalam Bahan Ajar Di STKIP St Paulus Ruteng-Flores NTT. PhD Thesis, Universitas pendidikan indonesia.

Yunian Putra, R. W., dan Indriani, P. 2017. Implementasi Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Sekolah Dasar. NUMERICAL (Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika) 1(1): 21.

Yusuf, M.W., Ibrahim, S., dan Halliru, A. 2010. ETHNOMATHEMATICS (A Mathematical Game in Hausa Culture). International Journal of Mathematical Science Education 3(1).

Downloads

Published

2023-03-30

Issue

Section

Articles

Citation Check