ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Authors

  • Kartika Dwi Handayani Universitas Lampung, Indonesia
  • Sri Hastuti Noer Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i1.2683

Keywords:

Kemampuan, Komunikasi, Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan menganalisis mengenai: (1) Kemampuan komunikasi matematis menghubungkan benda nyata , gambar dan diagram kedalam ide matematika. (2) Kemampuan komunikasi matematis menjelaskan idea, situasi, tulisan dengan benda nyata, gambar, grafik dan aljabar. (3) Kemampuan komunikasi matematis menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika. (4) Kemampuan komunikasi matematis membuat model dari suatu situasi melalui tulisan, benda-benda konkret, gambar, grafik, dan metode-metode aljabar. (5) Kemampuan komunikasi matematis Menjelaskan dan membuat pertanyaan tentang matematika yang telah dipelajari. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Bandar Lampung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis menghubungkan benda nyata , gambar dan diagram kedalam ide matematikata golong rendah (writing). Kemampuan komunikasi matematis menjelaskan idea, situasi, tulisan dengan benda nyata, gambar, grafik dan aljabar tergolong rendah (drawing). Kemampuan komunikasi matematis menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika tergolong rendah. Kemampuan komunikasi matematis membuat model dari suatu situasi melalui tulisan, benda-benda konkret, gambar, grafik, dan metode-metode aljabar tergolong rendah (mathematical expression). Kemampuan komunikasi matematis menjelaskan dan membuat pertanyaan tentang matematika yang telah dipelajari tergolong rendah.

 

References

Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal UPI Edisi Khusus No. 1 (Online). Tersedia:http://jurnal.upi.edu/file/8- Fachrurazi.pdf.

Haerudin. (2013). Pengaruh Pendekatan SAVI terhadap Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Matematika Serta Kemandirian Belajar Siswa SMP. Jurnal Infinity. Vol 2. No 2 (184)

Hendriana, H. Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skill dan Soft Skill Matematika Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

NCTM. 2000. Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics.[online].Tersedia:http//www.nctm.org/standards/content.aspx?id=270

Mahmudi, Ali. 2006. Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2006. Yogyakarta: UNY.

Permendikbud. 2014. Tujuan Pembelajaran. [online]. Tesedia: https://www.slideshare.net/MuhammadAlfiansyah1/tujuanpembelajaranmatematika-berdasarkan-peraturan-menteri-pendidikan-dan kebudayaanrepublik-indonesia nomor-58-tahun-2014.

Suhendra. 2015. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka

Downloads

Published

2023-03-30

Issue

Section

Articles

Citation Check