PELUANG DAN TANTANGAN GURU MATEMATIKA DALAM MENGAJAR MATEMATIKA SAAT PEMBELAJARAN DARING DAN LURING

Authors

  • Ananda Nurul Ikhwan North Sumatera State Islamic University, Indonesia
  • Eka Khairani Hasibuan North Sumatera State Islamic University, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i1.2689

Keywords:

opportunities, challenges, online and offline learning, Mathematics

Abstract

Salah satu pendidikan yang penting bagi peserta didik adalah mata pelajaran matematika. Tepat awal Maret 2020, dunia menghadapi kasus infeksi virus corona atau yang dikenal dengan Pandemic Covid-19. Pembelajaran dari dalam rumah merupakan pilihan terbaik yang menjadi solusi bagi dunia Pendidikan yang terkena imbas akibat penyebaran virus Covid-19 agar bisa melanjutkan proses kegiatan belajar mengajar. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini digunakan untuk mengetahui persepsi peluang dan tantangan dari guru Matematika dalam mengajar Matematika disaat pembelajaran yang dilakukan secara daring luring. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara yang dilaksanakan kepada subjek penelitian dengan pengisian angket yang menggunakan google form. Subjek penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah guru Matematika di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mata pelajaran Matematika memperoleh peluang dan tantangan dalam melaksanakan proses pembelajaran secara daring maupun luring. Peluang untuk guru diantaranya adalah kemampuan memanfaatkan teknologi dan informasi, proses pembelajaran yang mudah diakses, juga memperdalam referensi proses pembelajaran. Sedangkan tantangan yang dihadapi guru yaitu kesulitan dalam mencapai tujuan pembelajaran, gangguan koneksi jaringan internet dan lebih banyak pengeluaran

Downloads

Published

2023-03-31

Issue

Section

Articles

Citation Check