ANALISIS KESALAHAN MENYELESAIKAN SOAL PERPANGKATAN DAN BENTUK AKAR PADA SISWA KELAS X MAN SERDANG BEDAGAI

Authors

  • Mara Samin Lubis Universitas Islam negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i1.2741

Keywords:

kesalahan prosedural dan konsep matematika

Abstract

Penelitian ini mengkaji kesalahan yang dilakukan oleh Kelas X MAN Serdang Bedagai dalam menyelesaikan masalah matematika dengan eksponensial dan akar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X.1 MAN Serdang Bedagai tahun pelajaran 2022/2023. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Bahan penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi hasil belajar siswa menurut nilai dan bentuk akar. Berdasarkan penelitian yang diterima, diketahui bahwa siswa masih banyak melakukan kesalahan saat menyelesaikan soal. Kesalahan terbanyak adalah kesalahan prosedur 25,52%, kesalahan konseptual 18,23% dan kesalahan perhitungan 11,97%. Kesalahan terjadi karena siswa tidak memahami materi, sibuk, dan tidak peduli saat memecahkan masalah. Solusi yang dapat dilakukan adalah membiasakan siswa untuk memecahkan masalah yang berbeda.

Author Biography

Mara Samin Lubis, Universitas Islam negeri Sumatera Utara Medan

Dosen UIN SUMATERA UTARA

References

Brousseau, G. 2002. Sutherland & V. Warfield, eds. dan trans. New York: Penerbit akademik Kluwer.

Fauzi, A.Rahmi & Melisa. 2021. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Online. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 12(1), 32-41.

Mulya, C. 2012. Peran pendidikan dalam mempersiapkan sumber daya manusia di era pengetahuan dan informasi. Formatif, 2(2).

Dewan Nasional Guru Matematika (NCTM). 2000. Prinsip dan Standar Matematika Sekolah. NCTM.

Nurdin, I., & Hartati, S. 2019. Metodologi Penelitian Sosial. Media Sahabat Ilmuwan.

Piaget, J. 2002. Penghakiman Dan Penegasan Pada Anak. Routledge.

Putra, F.G. 2017. Uji coba pada kegiatan praktikum (HoA) berbantuan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Aljabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8 (1), 73-80.

Rismawati, M., & Asnayani, M. 2019. Analisis Kesalahan Konseptual Siswa Kelas 4 SD Dalam Menyelesaikan Soal Tes Matematika Menggunakan Metode Newman. J-PiMat, 1 (2), 69-78.

Suryani M, Jufri L H., & Putri, T.A. 2020. Analisis Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Matematika Dasar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119-130. http://dx.doi.org/10.1037/0021-843X.111.2.202

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A. 2016. Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Jurnal Pendidikan, 266.

Winkel, W.S. 1996. Psikologi pendidikan. Jakarta: Perempuan gemuk

Yusuf, Y., Titat, N., & Yuliawati, T. 2017. Analisis hambatan belajar siswa SMA (learning barrier) dalam statistika. AKSOME: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 8(1), 76-86.

Downloads

Published

2023-03-31

Issue

Section

Articles

Citation Check