Evaluasi Pelatihan Olah Data Statistik Menggunakan Aplikasi SPSS: Model Evaluasi CIPP

Authors

  • Indah Purnama Sari IAIN Pontianak, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i1.2772

Keywords:

Statistik, SPSS, CIPP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelatihan olah data statistic menggunakan SPSS pada Mahasiswa akuntansi IAIN Pontianak dengan menggunakan model evaluasi CIPP. Sampel yang digunakan berjumlah 27 responden yaitu mahasiswa semester 4 dari kelas yang berbeda. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualititatif deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan SPSS meningkatkan pemahaman serta keterampilan mahasiswa akuntansi dalam mengolah data statistic. Input materi pelatihan disampaikan dengan jelas oleh intruktur yang terampil namun dengan fasilitas pada saat pelatihan kurang memadai sehingga tidak seluruh peserta dapat melihat materi dengan jelas. Proses pelatihan dilakukan oleh instruktur secara komunikatif sehingga peserta bebas berdiskusi. Output yang dicapai yaitu peserta menunujukkan peningkatan yang signifikan pada keterampilan mereka mengolah data menggunakan SPSS. Dapat disimpulkan bahwa pelatihan SPSS terbukti efektiv dalam meningkatkan keterampilan olah data pada mahasiswa akuntansi IAIN Pontianak

Kata Kunci: Statistik, SPSS, CIPP

References

Amabile, T. M., & Pratt, M. G. (2016). The dynamic componential model of creativity and innovation in organizations: Making progress, making meaning. Research in Organizational Behavior, 36, 157–183. https://doi.org/10.1016/j.riob.2016.10.001

Badriatin, T., & Kurniawan. (2019). Optimalisasi Peran Akuntan Pada Era 4.0. Journal of Character Education Society, Vol. 2, No(2), 79–84.

Dr. Asyraf Suryadin, M. P., Winda Purnama Sari, M. P., & Nurfitriani, M. P. (2022). Evaluasi Program Model CIPP (Context, Input, Prosess, and Product) antara Teori dan Praktiknya (A. C. (ed.); 1st ed.). Samudra Biru.

Gamayanti, W., Mahardianisa, M., & Syafei, I. (2018). Self Disclosure dan Tingkat Stres pada Mahasiswa yang sedang Mengerjakan Skripsi. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 115–130. https://doi.org/10.15575/psy.v5i1.2282

Grosseck, G., Tîru, L. G., & Bran, R. A. (2019). Education for sustainable development: Evolution and perspectives: A bibliometric review of research, 1992-2018. Sustainability (Switzerland), 11(21), 1992–2018. https://doi.org/10.3390/su11216136

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2014). Cooperative Learning in 21st Century. [Aprendizaje cooperativo en el siglo XXI]. Anales de Psicología, 30(3), 841–851. https://doi.org/10.6018/analesps.30.3.201241

Nazarenko, H. A., Fast, O. L., Medynska, N. M., Grytsenko, S. P., & Salata, H. V. (2021). Coaching as an innovative method of developing business communication culture. Journal of Educational and Social Research, 11(6), 57–67. https://doi.org/10.36941/jesr-2021-0128

Paul, R., & Elder, L. (2019). The miniature guide to critical thinking concepts and tools. Rowman & Littlefield.

Salcedo, K. M. and J. with A. P. (2015). SPSS® Statistics For Dummies®, (3rd Editio). John Wiley & Sons, Inc.

Suandi, I. N., Agung, A. A. G., CANDIASA, I. M., Suastra, I. W., Tika, I. N., Pageh, I. made, & Dantes, G. R. (2016). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, TA, Skripsi, Tesis, Dan Disertasi. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, TA, Skripsi, Tesis, Dan Disertasi, 131.

Downloads

Published

2023-03-30

Issue

Section

Articles

Citation Check