PENGARUH MODEL SFE BERBANTUAN MEDIA MENTIMETER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Arsyi Afini Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Kus Andini Purbaningrum Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Prawidi Wisnu Subroto Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i2.3033

Keywords:

Model SFE, Media Mentimeter, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diberikan model pembelajaran menggunakan student facilitator and explaining berbantuan media mentimeter dan model konvensional di kelas X SMAN 1 Cikande. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Cikande. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purpossive Sample dimana diperoleh siswa kelas X-B sebanyak 47 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X-C sebanyak 47 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunaan uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test. Hasil uji hipotesis menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan yakni ada perbedaan antara hasil belajar matematika siswa kelas X-B melalui model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan media mentimeter dengan hasil belajar matematika siswa kelas X-C melalui model pembelajaran kovensional.

References

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. 15 ed. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, Siwi Puji. 2015. “Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika.†Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 5(1):68–75. doi: 10.30998/formatif.v5i1.167.

Bayuaji, Putut, Hikmawati Hikmawati, dan Satutik Rahayu. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (Sfae) Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Fisika.†Jurnal Pijar Mipa 12(1):15–18. doi: 10.29303/jpm.v12i1.328.

Dewi, Nofyanti, Siti Nur Asifa, dan Luvy Sylviana Zanthy. 2021. “Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika.†Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 8(1):41–47. doi: 10.31316/j.derivat.v8i1.1641.

Fatimah, Nur, Sri Susilogati Sumarti, dan Sri Wardani. 2017. “Pengaruh Student Facilitator and Explaining Dengan Roda Impian Terhadap Hasil Belajar Siswa.†Chemistry in Education 6(2):8–14.

Khoerunnisa, Putri, dan Syifa Masyhuril Aqwal. 2020. “Analisis Model-model Pembelajaran.†Fondatia 4(1):1–27. doi: 10.36088/fondatia.v4i1.441.

Noviana, Naning Eko, dan M. Riadhos Solichin. 2021. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Online (whatsapp dan Zoom) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19.†Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) 9(2):60–64. doi: 10.26740/jupe.v9n2.p60-64.

Putri, Nia Amanda, Satrio Hadi Wijoyo, dan Admaja Dwi Herlambang. 2021. “Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Mentimeter Terhadap Keaktifan, Motivasi, Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Kelas X Program Keahlian Multimedia Mata Pelajaran Teknik Pengolahan Audio Dan Video SMK Negeri 7 Malang.†JPTIIK : Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer 5(7):3062–68.

Sanaky, Musrifah Mardiani, La Moh. Saleh, dan Henriette D. Titaley. 2021. “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama MAN 1 Tulehu Maluku Tengah.†Simetrik 11(1):432–39.

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ke-2. diedit oleh Sutopo. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, Rostina. 2020. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. 1 ed. Jakarta: KENCANA.

Yurmida, Rachmat Sahputra, dan A. Ifriany Harun. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Berbantuan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Materi Ikatan Kimia Di Sma.†Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.

Downloads

Published

2023-09-30

Issue

Section

Articles