UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA MELALUI METODE FUN LEARNING (BERBANTUAN MEDIA TOBUKA)

Authors

  • Agustin Sri Putri Utami Uniersitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
  • Rasidi Rasidi
  • Agrissto Bintang Aji Pradana
  • Indriana Warani

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i2.3265

Keywords:

Kemampuan Berhitung, Matematika, Fun Learning

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan metode fun learning dapat meningkatkan kemampuan berhitung kelas II A SDN Percobaan 2 Depok, Sleman pada mata pelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus - Desember tahun 2023 di SDN Percobaan 2 Depok, Sleman  kelas II A dengan jumlah 27 siswa pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan tes, observasi siswa dan guru, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan hasil perhitungan skor pretest (pra siklus) dan post test siklus I dan siklus II siswa kelas II A SDN Percobaan 2 Depok, Sleman.. Kemampuan berhitung  matematika siswa dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan metode fun learning berbantuan media TOBUKA (Tutup Botol Angka) di kelas II A SDN Percobaan Depok, Sleman  pada semester ganjil  tahun pelajaran 2023/2024 mengalami peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari pra siklus sebesar 37,03%, siklus I sebesar 59,25%, dan siklus II menjadi sebesar 92,59%. Jadi, metode fun learning sangat tepat digunakan dalam sebuah pembelajaran di kelas yang pasif dan kemampuan berhitung  siswa yang rendah.

References

Attamimi, I. F., Kamaliyah, M., Nurjanah, S., & Dewinggih, T. (2021). Meningkatkan Minat Belajar dengan Metode Fun Learning pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Kumbung. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(XXXVI), 83–94.

Indriasih, A. (2015). Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga Dalam Penerapan Pembelajaran Tematik Di Kelas Iii Sd. Jurnal Pendidikan, 16(2), 127–137. https://doi.org/10.33830/jp.v16i2.343.2015

Khumairo, D., & Yuliandari, R. N. (2019). Development Learning Media Mathematics Game Board Triple-F (Fraction For Fun) to Improve Understanding of the Material Various Forms of Fractions.

Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, M. M. (2018). … Refleksi Siswa Kelas Xii-Ipa-B Sma Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Discoverylearning Berbantuan Media Kertas …. Jurnal Education and …, 6(1), 90–96. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/668%0Ahttps://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/668/232

Sinulingga, L. Y. (2020). No Title. UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DARI TEKS EKSPLANASI DENGAN PEMBERIAN TUGAS YANG DISERTAI DENGAN PENGHARGAAN DIKELAS VIII.5 SMP NEGERI 11 BINJAI.

UNDANG UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. (2003). No ????????????????????? ?????????????????Title. Demographic Research, 49(0), 1-33 : 29 pag texts + end notes, appendix, referen.

Zagoto, M. M., & Dakhi, O. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas Xi Sekolah Menengah Atas. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 157–170. https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.884

Published

2023-09-30

Issue

Section

Articles

Citation Check