PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA KELAS IX SMP N 1 LIMA PULUH

Authors

  • Camelia Camelia UINSU MEDAN, Indonesia
  • Siti Maysarah

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i2.3316

Keywords:

Kata kunci, Modul Berbasis Etnomatematika, Kemampuan Penalaran Matematis, Kemampuan Spasial

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan modul etnomatetika. Peneliti menggunakan metode pengembangan atau R&D dengan model ADDIE. Adapun hasil penelitian ini adalah hasil nilai V Aiken data skor validasi ahli materi 0,903 dan skor ahli media 0,91 dengan kriteria sangat layak digunakan. Selanjutnya data respon siswa memperoleh nilai V-Aiken sebesar 0,945 dan data respon guru memproleh nilai V-Aiken sebesar 0,934 dikategorikan modul sangat praktis digunakan di kelas. Sedangkan hasil perhitungan uji N-Gain pada kemampuan penalaran matematis siswa kelas IX-A diperoleh sebesar 0,734, dan hasil N-Gain pada kemampuan Spasial siswa kelas IX-A sebesar 0,456, sehingga hasil persentase yang didapatkan yaitu 73,4% dan 89,6%. Ini mengindikasikan bahwa modul berbasis etnomatematika yang diimplementasikan di kelas IX-A dikategorikan sangat efektif saat digunakan di dalam kelas dengan interval > 70% 

Author Biography

Camelia Camelia, UINSU MEDAN

Prodi Pendidikan Matematika

References

Andriani, M. W., & Firmansyah, I. (2022). DAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA SEBAGAI MEDIA. 11(2), 112–120.

Astuti, A., Zulfah, Z., & Rian, D. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 11 Tapung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9222–9231. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2452

Baaqi, N. El, & Aryanto, H. (2022). PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI PENGENALAN KERANGKA TULANG UNTUK ANAK-ANAK PENYANDANG. 3(3), 139–149.

Corresponding author. Jalan Willem Iskandar, Medan Estate, Indonesia.Matematika, B. L. (2023). *. 12(3), 3503–3515.

Di, E., Ix, K., & Pakantan, S. M. P. N. (2023). RELEVAN : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA. 3(April), 248–257.

Kemampuan, P., Tingkat, B., Matematika, T., Model, M., Learning, D., & Problem, D. A. N. (2023). RELEVAN : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA. 3, 344–349.

Mardiah, S., Widyastuti, R., & Rinaldi, A. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Menggunakan Metode Inkuiri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 119. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2228

Maryam, S., Ningsih, D. N., Sanusi, D., Wibawa, D. C., Ningsih, D. S. N., Fauzi, H. F., & Ramdan, M. N. (2022). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Yang Inovatif, Adaptif, Dan Kolaboratif. Journal of Empowerment, 3(1), 82. https://doi.org/10.35194/je.v3i1.2322

Melalui, M., It, P., & St, D. A. N. (2023). RELEVAN : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA. 3, 477–482.

Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier. Quanta, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Nurmaya, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Pada Materi Transformasi Geometri. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 123–129. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i2.941

Purwoko, R. Y., Nugraheni, P., & Nadhilah, S. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan E -Modul Berbasis Etnomatematika Produk Budaya Jawa Tengah. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 1–8.

Setyadi, A., & Saefudin, A. A. (2019). Pengembangan modul matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk siswa kelas VII SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 12–22. https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.16771

Suastika, I. ketut, & Rahmawati, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(2), 58. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.1230

Sutrisno, S., & Wulandari, D. (2018). Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) untuk Memperkaya Hasil Penelitian Pendidikan. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 37. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2472

Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1458

Published

2023-09-30

Issue

Section

Articles

Citation Check