EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN METODE GALPERIN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA

Muhammad Taqwa

Abstract


Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Tujuan penelitian: (1) Untuk memperoleh gambaran deskriptif hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode Galperin dan metode ekspositori, (2) Untuk memperoleh gambaran deskriptif aktivitas siswa yang diajar dengan menggunakan metode Galperin dan metode ekspositori, (3) Untuk memperoleh gambaran deskriptif respon siswa yang diajar dengan menggunakan metode Galperin dan metode ekspositori, (4) Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Galperin dibandingkan dengan metode ekspositori. Satuan eksperimen yaitu siswa SMA Negeri 1 Bungoro pada semester ganjil  2011/2012 dan diberi perlakuan 2 kelas. Teknik analisis data dengan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian: (1) Rata-rata hasil belajar matematika yang diajar dengan metode Galperin lebih tinggi dibandingkan yang diajar dengan metode ekspositori, (2) Aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar yang diajar dengan menggunakan metode Galperin lebih baik dibandingkan aktivitas siswa yang diajar dengan menggunakan metode ekspositori, (3) Respons siswa yang diajar menggunakan metode Galperin lebih  positif dengan respons siswa yang diajar dengan menggunakan metode ekspositori, (4) Berdasarkan indikator keefektifan, pembelajaran dengan metode Galperin efektif diterapkan pada siswa SMA Negeri 1 Bungoro khususnya materi  program linear dibandingkan dengan pembelajaran dengan metode ekspositori, hal ini tercermin dari perbedaan rata-rata hasil belajar, ketuntasan klasikal, aktivitas siswa, dan respons siswa.


Keywords


Efektivitas; Metode; Galperin; Ekspsitori

Full Text:

PDF

References


Iwan. (2008). Penerapan Metode Galperin pada pokok Bahasan Kimia Inti Siswa Kelas XI SMAN 1 Liliriaja.

Lubis, L, A. (2018). Penerapan Strategi Pendekatan Metode Galperin Terhadap Hasil Belajar Siswa MTs. Al Jamiyatul Wasilah Tembung TP 2017/2018. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Purworini, D. (2001). Penggunaan Model Galperin Dalam Pembelajaran Fisika. Universitas Jember.

Rasyid, A. (1995). Penerapan Teori Galperin dalam Proses Belajar Mengajar Kimia di SMA Sulawesi Selatan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 291–299.

Tampubolong, T. (2009). Meningkatkan Hasil Belajar Elektrodinamika dengan Metode Galperin Mahasiswa Angkatan 2006. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(1), 7–13.




DOI: http://dx.doi.org/10.31100/histogram.v3i1.349

Article metrics

Abstract views : 89 | views : 16


Copyright (c) 2019 HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika

 
 
 
 
 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats